Wisata Drakula, Disukai Turis, Dibenci Warga Lokal

Tempat yang dipercaya sebagai kastil drakula di Transylvania (Foto: bittsandbytes)

Tempat yang dipercaya sebagai kastil drakula di Transylvania (Foto: bittsandbytes)

BUKARES – Romania terkenal dengan kisah drakula, yang dipercaya memiliki kastil di Transylvania Romania. Pemerintah Romania lantas menggunakan kisah mistis tersebut untuk menarik wisatawan, namun ternyata tidak disetujui masyarakat setempat.

Federasi Pariwisata dan Jasa Romania pekan ini mengumumkan akan melakukan promosi untuk menarik wisatawan dengan ‘menjual’ kisah makhluk mistis, drakula. Federasi ini menyebut Transylvania sebagai tujuan paling menjanjikan di Romania.

Kepopuleran drakula dan Transylvania berawal dari cerita dalam novel Bram Stroker, Dracula, yang mendunia. Novel ini telah difilmkan dan menjadi dasar fiksi vampir modern.

Meski novel ini menjadi awal popularitas Transylvania di mata wisatawan, penduduk setempat justru merasa tidak senang. Upaya pemerintah untuk mengeksploitasi legenda drakula tidak pernah akur dengan masyarakat.

Tepatnya 10 tahun lalu, Pemerintah Romania berencana membuat taman bermain bertema drakula di dekat Bukares, Ibu Kota Romania. Namun, upaya tersebut gagal karena tidak ditemukan investor untuk membiayainya. Rencana taman bermain inipun kemudian dipindahkan ke Transylvania, namun tidak jua pernah dibangun.

Drakula dalam kisah novel tersebut terinspirasi oleh Vlad the Impaler, Pangeran Romania berabad lalu. Ini yang membuat masyarakat tidak setuju pemerintah mengeskploitasi kisah drakula karena Vlad telah mereka dianggap sebagai pahlawan yang memperjuangkan kebebasan, bukan makhluk penghisap darah.

Namun, Federasi Pariwisata Romania yakin pandangan masyarakat akan berubah. “Masyarakat akan mengerti bahwa legenda drakula akan menjadi kendaraan untuk mempromosikan pariwisata dan memajukan ekonomi,” kata Dan Matei Agathon, Presiden Federasi Pariwisata Romania, seperti dikutip IBTimes, Jumat (19/7/2013).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s