Lucunya Lihat Gajah Sekolah di Lampung

Gajah di Taman Nasional Way Kambas (foto: indonesiatravel)

Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Berwisata ke Lampung, rasanya tak lengkap tanpa mengunjungi Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Taman nasional ini terletak di ujung selatan Sumatera. Inilah salah satu cagar alam tertua di Indonesia, di sini Anda dapat bertemu dengan gajah-gajah.

Taman Nasional Way Kambas memang rumah dan taman bermain bagi gajah. Di sini juga menjadi pusat pelatihan gajah-gajah. Diperkirakan ada sekira 200 gajah sumatera yang menjadi penghuni hutan ini.

Gajah sumatera merupakan gajah terkecil dari gajah-gajah yang ada di Asia. Dulunya, gajah liar dapat ditemukan di delapan provinsi di Pulau Sumatera. Namun, karena kepadatan pemukiman dan menyusutnya vegetasi hutan hujan tropis, kini sulit untuk memperkirakan jumlah mereka
Sejak 1978, Taman Nasional Way Kambas diusulkan menjadi taman nasional. Sementara, Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas resmi didirikan pada 1985.

Pusat pelatihan gajah ini didirikan untuk melindungi keberadaan gajah dan menciptakan keuntungan antara gajah dan manusia. Tahukah Anda jika dahulu kala Gajah Sumatera digunakan oleh kerajaan di Sumatera untuk kendaraan berperang dan keperluan upacara?

Di Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas, Anda dapat melihat gajah melakukan berbagai tugas seperti mengangkut kayu atau membajak sawah. Mereka juga dapat melakukan aktivitas unik, seperti bermain sepakbola dan pertunjukan menghibur lainnya. Setiap sore di tempat ini selalu terdapat atraksi gajah dan pertunjukan sepakbola gajah yang digelar setiap akhir pekan. Menarik bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s