Bernyanyi Tingkatkan Kemampuan Seseorang Kuasai Bahasa Asing

bernyanyi

Dalam penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Harvard University disebutkan bahwa bernyanyi memiliki manfaat kesehatan bagi paru-paru dan jantung, sekaligus mengurangi tidur mendengkur.

Baru-baru ini, hasil studi kembali menemukan manfaat unik lain dari bernyanyi, yaitu membantu seseorang lebih cepat belajar bahasa asing.

Tim peneliti dari Reid School of Music University memaparkan bahwa orang dewasa yang menyanyikan kata-kata atau frasa singkat dari bahasa asing, memiliki kemampuan dua kali lebih lancar mengucapkan bahasa asing.

Dikutip dari telegraph, Dr. Katie Overy selaku pimpinan penelitian menyatakan, “Kebanyakan orang memiliki pengalaman mengingat kata-kata dari lagu yang telah mereka dengar. Bahkan, lagu juga kadang-kadang digunakan oleh guru bahasa untuk mengajari anak kecil belajar.”

Studi ini dilakukan pada 20 orang dewasa. Mereka diminta mengikuti pembelajaran Bahasa Hungaria selama 15-20 melalui rekaman sebuah lagu. Kemudian para partisipan diminta untuk mengulangi kata-kata yang diperdengarkan dalam rekaman tersebut.

Hasilnya, lebih dari 60 persen partisipan dapat mengingat sekaligus mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Memory and Cognition.

Well, setidaknya penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada cara yang menyenangkan untuk belajar menguasai bahasa asing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s