China Targetkan Satu Juta Turis ke Indonesia

Ini tak lepas dari perubahan citra positif yang dibangun sejak 1998.

China targetkan satu juta turis ke Indonesia.

China targetkan satu juta turis ke Indonesia.
Pemerintah China akan terus meningkatkan kunjungan turis asal negeri Tirai Bambu ke Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, mereka menargetkan akan mendatangkan satu juta turis hingga 2015.
Menurut Liu, bagi warga China, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai objek pariwisata menarik.
“Tahun ini, kami menargetkan akan mendatangkan sebanyak satu juta warga China ke Indonesia dan sebaliknya. Sehingga, total akan ada dua juta turis dari dua negara,” ujar Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, yang ditemuiVIVAnews di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin malam, 22 Juli 2013.
Masih menurut Liu, bukti nyata bahwa Indonesia kini dianggap sebagai salah satu tujuan pariwisata yang menarik terlihat dari peningkatan pesat jumlah turis asal negeri Panda itu ke Tanah Air. Liu menyebut sekitar lima tahun yang lalu, jumlah turis yang berkunjung ke Indonesia hanya berkisar 50 ribu hingga 70 ribu orang.
“Apabila kami membandingkan data kunjungan wisatawan China tahun lalu, jumlah turis yang berkunjung naik berlipat menjadi 600 ribu orang,” katanya.
Hal ini tentu tidak lepas dari perubahan citra positif yang berhasil dibangun oleh pemerintah Indonesia. Liu mengatakan, hal itu berbeda jauh ketika peristiwa kerusuhan pada 1998 terjadi.
“Namun, kini Indonesia sudah berubah. Negeri ini tengah mengalami perubahan yang pesat di bidang politik, ekonomi, dan sosial, sehingga menyebabkan pencitraan yang positif bagi Indonesia,” tuturnya.
Dari ratusan ribu turis China yang ke Indonesia, sebagian besar masih berminat mengunjungi Pulau Dewata, Bali. Menurut data dari Pemerintah Provinsi Bali, pada 2012, terdapat sekitar 300 ribu turis China yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s