Inggris Bangun Pesawat Tercepat di Dunia

Dapat mengangkut ratusan penumpang keliling dunia dalam empat jam.

Ilustrasi pesawat.

Ilustrasi pesawat.
Pemerintah Inggris melalui UK Space Agency, berinvestasi hingga 60 juta pound sterling atau setara Rp917 miliar untuk membuat proyek pembuatan pesawat yang dapat terbang di luar angkasa. Pesawat itu juga diharapkan bisa mengangkut ratusan penumpang keliling dunia dalam empat jam.

Badan luar angkasa Inggris ini akan membangun mesin reaktor yang dapat mengembangkan roket bertenaga lebih besar dari yang ada saat ini.

“Lebih banyak tenaga artinya pesawat dapat terbang lebih cepat, secepat kecepatan Mach 5,” kata Chief Engineer UK Space Agency, Alan Bond.

Dana investasi tersebut terbagi dua, yaitu 35 juta pound sterling pada 2014-2015 dan 25 juta pada 2015-2016. Dana tersebut hanya untuk desain dan pencarian material ringan guna bahan pesawat.

Mesin reaktor tersebut telah melewati uji penting pada November 2012, yaitu dapat dengan cepat mendinginkan udara panas yang masuk ke mesin. Mesin bernama Sabre tersebut sepanjang 276 kaki, dapat lepas landas dan mendarat secara horizontal. Dibutuhkan US$1,1 miliar untuk membuat satu mesin tersebut.

UK Space Agency akan melakukan tes penerbangan pada 2020 dan proyek ini akan menciptakan 1.000 lowongan pekerjaan di bidang teknik serta teknologi. Selain itu, terdapat 2.000 lowongan pekerjaan secara tidak langsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s