Melompat Bebas dari Stratosfer Bumi

 

Baumgartner saat melakukan lompatan (Foto: Telegraph)Baumgartner saat melakukan lompatan

ROSWELL – Aksi nekat seorang penerjun payung profesional Felix Baumgartner membuat decak kagum. Dia berhasil melompat dari ketinggian sekiran 38 kilometer di atas stratosfer bumi.

Lewat aksinyanya ini, Baumgartner berhasil menjadi manusia pertama yang mendobrak kecepatan suara tanpa menggunakan pesawat jet ataupun pesawat luar angkasa. Tercatat Baumgartner mencapai kecepatan hingga Mach 1,24 atau 1342,03 kilometer per jam.

Pria asal Austria ini melompat dari kapsul yang berbahan bakar helium setelah mencapai ketinggian 128,100 kaki dari permukaan bumi. Dirinya berhasil mendarat dengan selama di gurun di Roswell, New Meksiko, Amerika Serikat (AS) dengan disertai sorakan keluarga dan teman yang sudah menunggu.

“Saat saya berada di atas dunia, saya hanya bisa berpikiran sederhana. Anda tidak memikiran memecahkan rekor lagi, melainkan hanya ingin memperoleh data sains. Satu hal yang diinginkan adalah dapat mendarat dengan selamat,” ujar Baumgartner usai melakukan pelompatan.

Penonton di seluruh dunia tampak memperhatikannya pencapaiannya melalui internet. Menggunakan pakaian khusus, pria berusia 43 tahun itu tampak berisi di bibir kapsul dan selang beberapa lama kemudian melompat keluar.

Saat fase pertama dari lompatan Baumgartner, mereka yang melihat lompatan tersebut merasa cemas karena tubuhnya berputar tidak terkendali. “Ketika saya berputar pada 10 hingga 20 detik pertama, saya tidak pernah memikirkan akan kehilangan nyawa. Tetapi saya kecewa karena hampir kehilangan catatan rekor. Saya kemudian berjuang untuk turun karena yakin pasti bisa mengatasinya,” tutur Baumgartner.

Lompatan Baumgartner ini mengalahkan catatan rekor sebelumnya yang dilakukan oleh Joe Kittinger. Kittinger melakukan lompatan serupa pada 1960 dari ketinggian 31,3 kilometer di atas atmosfer bumi dengan meraih kecepatan hingga 988,1 kilometer per jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s