Tak Cukup Bersih, Toilet juga Harus Higienis

(Foto: toiletpaperworld)

JAKARTA – Supaya wisatawan terus datang, tempat-tempat wisata serta fasilitas umum bagi pariwisata lainnya harus bersih dan nyaman. Ini tak terkecuali toiletnya. Bagaimana standar toilet yang bersih?

Kebersihan toilet di tempat wisata maupun tempat-tempat umum bukanlah hal yang sepele. Bila toilet bersih, wisatawan tentunya akan merasa nyaman dan betah.

“Toilet itu harus hands-free karena tangan adalah media paling utama dalam penyebaran kuman,” kata Naning Adiwoso, Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) belum lama ini.
“Tak perlu ada pintu di depan toilet, hanya perlu pintu di setiap bilik toilet. Pintunya harus terbuka ke luar, jadi kalau-kalau ada pengguna toilet yang sakit atau pingsan mudah dibuka,” jelasnya.

Selain itu, Naning juga menekankan bahwa toilet haruslah kering. “Apalagi di Indonesia yang lembap, banyak toilet basah menjadikan banyak jamur tumbuh. Toilet itu harus selalu kering,” ujarnya.

Lainnya, ditambahkan Naning, yang harus ada di toilet, seperti tisu, jet washer, tempat sampah, tempat pembuangan pembalut wanita, dan tempat cuci tangan. “Cleaning service juga perlu ditraining untuk membersihkan toilet dengan baik. Toilet tidak cukup hanya bersih, tapi juga harus higienis,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s