Airport Tax Bandara Kuala Namu Rp100.000, Ini Alasannya!

Kenaikannya sangat drastis dari airport tax Bandara Polonia

Bandara Kuala Namu, resmi beroperasi

Bandara Kuala Namu, resmi beroperasi
Besaran airport tax atau pajak atas calon penumpang di Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara, jauh lebih mahal dari bandara lama. Di Bandara Polonia per calon penumpang diwajibkan membayar sebesar Rp35.000. Namun di Kuala Namu, bandara baru yang terletak di Kabupaten Deliserdang, tarifnya sebesar Rp100.0000 untuk setiap calon penumpang.
“Iya, harga dinaikkan karena juga dilengkapi dengan fasilitas yang oke. Kalau tidak begitu, bisa bangkrut pengelola,” kata Tri Sunoko, Direktur Utama Angkasa Pura II selaku pengelola.
Namun, kenaikan tersebut banyak membuat calon penumpang dan juga warga Medan terkejut. Dengan harga sebesar itu, terpaksa mereka merogoh sakunya lebih dalam lagi agar bisa terbang melalui bandara yang diklaim  bandara terbesar di Asia Tenggara itu.
“Mahal. Berapa kali lipat naik itu dibanding waktu di Polonia. Memang fasilitasnya oke, tapi harga segitu terbilang sangat mahal,” kata Patrick Geovani, warga Medan.
“Ya, kalau pun naik jangan terlalu tinggi. Bisa saja ini menyusahkan. Ditambah lagi juga ongkos transportasi kalau dari Medan mahal. Hanya ongkos bus Damri yang masih terjangkau,” katanya lagi.
Menanggapi itu hal itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, harga itu sudah sebanding dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan Kuala Namu ke calon penumpang.
Jadi, Menurutnya alasan itu sudah cukup wajar baginya harga airport tax Rp100.000 di bandara moderen sekelas Kuala Namu. “Jika tetap menngikut harga sama dengan saat di Polonia ya gawat,” kata Dahlan.
“Ya, inikan Kualanamu dengan fasilitas yang baik dengan yananan fullservis. Keamanananya, kenyamanan kebersihan dijamin. Ini bandara modern, jangan samakan dengan bandara-bandara di Sibolga, Nias. Di sana tidak senyaman di sini,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s