Empat Hidangan Lezat Turki ini Populer Saat Ramadan

Kanafeh juga populer di berbagai negara Islam lainnya seperti Lebanon, dan Palestina.

Kanafeh juga populer di berbagai negara Islam lainnya seperti Lebanon, dan Palestina.

Begitu banyaknya orang yang memilih berbuka puasa dengan makanan manis membuat beberapa hidangan penutup menjadi primadona di bulan Ramadan. Sebut saja es buah, cendol dan kolak.

Hal tersebut tak hanya terjadi di Indonesia, di berbagai negara dengan mayoritas umat Muslim lainnya hal ini juga terjadi, termasuk di Turki. Beberapa makanan penutup yang manis dan lezat selalu menjadi favorit setiap bulan Ramadan tiba. Apa saja? Berikut daftar selengkapnya.

Baklava
Terbuat dari adonan phyllo -sejenis pastry khas Turki yang dicampur dengan kacang pistachio, gula dan air mawar-,baklava adalah salah satu makanan penutup yang umum disantap sebagai sajian saat bulan Ramadan. Cita rasanya yang manis dan gurih serta aromanya yang harum membuatnya menjadi salah satu santapan Ramadan favorit berbagai kalangan.

Revani
Makanan penutup yang satu ini merupakan kue yang terbuat dari adonan semolina ataufarina, sebutan adonan dari tepung gandum. Cara memasaknya cukup mudah yaitu adonan direndam dengan sirup dari air mawar dan gula kemudian dikukus hingga matang.

Biasanya, revani disajikan dengan kacang walnut atau pistachio. Kelapa juga seringkali digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue manis ini. Di Arab, revani disebutbasbousa atau hareesa dan juga cukup populer disantap sebagai panganan berbuka puasa.

Kanafeh
Sebenarnya hidangan ini adalah pastry keju yang diberi lelehan sirup gula. Namun, banyak yang menyebutnya sebagai kue keju Arab karena memang kanafeh berasal dari Arab. Tak hanya di Turki, kue ini juga populer di berbagai negara Islam lainnya seperti Lebanon, dan Palestina.

Qatayef
Walaupun merupakan makanan penutup tradisional Palestina, qateyef juga sangat terkenal di Turki. Kue yang satu ini berbentuk bulat menyerupai pancake. Bahan-bahan yang digunakan pun tak jauh berbeda yaitu tepung terigu, susu, telur dan air.

Saat ini qatayef juga tersedia dengan tambahan keju dan kacang-kacangan. Saat bulan Ramadan, banyak orang yang terbiasa menikmati qatayef dengan sirup atau madu untuk berbuka puasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s