Jalanan Thailand Berbahaya di Dunia, Wisatawan Diminta Waspada

Bus yang menewaskan 19 orang penumpang di Thailand (Foto: CNN)
Bus yang menewaskan 19 orang penumpang di Thailand (Foto: CNN)

Selasa 22 Juli 2013, sebuah kecelakaan bus terjadi di Thailand dan menewaskan 19 penumpangnya. Kecelakaan ini membuat keamanan transportasi di Thailand kembali dipertanyakan.

Kecelakaan bus tersebut seakan mengingatkan wisatawan bahwa Thailand tidak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, juga kecelakaan jalur darat yang tinggi. Tercatat pada 2012, Thailand dikunjungi sekira 22 juta wisatawan asing. Pemerintah negara-negara yang turisnya berwisata ke Thailand meminta agar tidak ada warganya yang menjadi korban kecelakaan transportasi di Thailand. Beberapa Negara, seperti Australia, Inggris, dan Amerika Serikat, bahkan mengeluarkan peringatan bagi warganya akan kondisi jalan yang buruk di Thailand.

“Thailand mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam kasus rawat inap dan kematian wisatawan, meskipun masih relatif sedikit dibanding tempat lain,” demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Inggris.

Kasus rawat inap dan kematian kebanyakan disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. “Banyak kecelakaan disebabkan oleh kendaraan yang kondisinya buruk dan standar keselamatan pengemudi yang buruk,” tambahnya. Sepeda motor dan skuter sewaan di resor-resor pantai bahkan seringkali tidak terdaftar di kepolisian dan tidak dapat digunakan secara legal di jalan umum.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat juga telah mengeluarkan peringatan serupa pada halaman anjuran wisata di Thailand. Mereka memperingatkan wisatawannya agar tidak sembrono dalam berkendara di Thailand.

Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2010 terjadi 38 kecelakaan lalu lintas fatal yang mematikan 100 ribu orang. Hal ini menjadikan jalanan Thailand salah satu yang paling berbahaya di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s