Cara Mengolah si Oranye

detail berita

Cake wortel (Foto: cookingclassy)

RUGI bagi yang tidak suka wortel karena sayuran umbi ini sarat gizi dengan rasa yang manis. Enak disantap sebagai lauk, oke juga dikudap sebagai dessert.

Bagi para orangtua yang jarang memasukkan wortel dalam menu si kecil, marilah mulai sekarang lebih sering mengenalkan sayuran ini kepada buah hati. Pasalnya, kandungan gizi yang terdapat pada wortel sudah tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Kita tahu, wortel merupakan sayuran sumber vitamin A dan beta karoten terbaik. Wortel juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang membantu meningkatkan penglihatan, terutama pada malam hari.

Namun, mungkin banyak yang belum tahu wortel juga baik untuk kesehatan paru-paru serta melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Si oranye ini termasuk rendah lemak dan tinggi serat, serta minus kolesterol. Dengan demikian, wortel menjadi bahan makanan atau camilan yang menyehatkan.

Kalau dihitung, satu porsi wortel atau sekitar satu cangkir, menyediakan 50 kalori. Meskipun dalam kuantitas besar, kalori yang terkandung dalam wortel sangat sedikit. Lemak yang terkandung dalam satu porsi wortel pun tak lebih dari 0,3 gram. Dengan begitu, penganan ini baik bagi anak-anak dan ramah bagi yang tengah menjalani diet.

Dengan wortel, Anda dapat menyajikan berbagai makanan seperti cake wortel dan sup jagung bola ayam wortel. Cake wortel bisa menjadi alternatif bagi anak yang mungkin kurang suka sayuran. Dia tidak tahu bahwa di dalam cake yang manis itu terdapat wortel yang menyehatkan.

Sedikit tips, pilihlah wortel yang besar dan muda atau wortel impor yang mudah ditemukan di supermarket. Setelah diparut, tiriskan wortel agar tidak terlalu berair.

Adapun sup jagung bola ayam wortel selain enak juga bergizi. Sup memang pas disajikan sebagai menu makan pagi atau siang. Aroma sup yang harum pastinya akan mendongkrak nafsu makan. Plus tambahan ayam, wortel, jagung, serta kaldu ayam yang membuat kuah makin gurih. Bola-bola ayamnya pun empuk sehingga tak menyulitkan si kecil ketika mengunyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s