Bubur Pedas Laris Diburu Warga Negeri Jiran

 

detail berita

KULINER Ramadan, jenisnya beragam. Di Sarawak, Malaysia, adalah bubur pedas yang laris diburu penikmatnya menjelang berbuka puasa. 
 
Bubur pedas termasuk salah satu hidangan populer untuk pelepas lapar sehabis berpuasa. Bubur ini hanya ada saat Ramadan di Negeri Jiran.
 
Hidangan ini bisa ditemui di Sarawak, Malaysia. Kuliner ini tidak hanya disukai kalangan Muslim, tetapi juga hampir seluruh warga Sarawak. 
 
Tampilan dan warnanya mirip kari, bubur ini juga memakai bahan berupa sayuran dan daging. Hidangan ini disebut bubur pedas karena terdapat penambahan rempah-rempah sebagai bumbunya.
 
Bumbunya terdiri dari bawang putih, jahe, bawang merah, cabai kering, kunyit, serai, lengkuas, dan parutan kelapa. Semua bahan dikeringkan di bawah sinar matahari selama setengah hari.
 
Kemudian, semuanya dicampur dengan nasi dan digoreng tanpa memakai minyak goreng untuk mengekstrak aromanya. Selanjutnya adalah melakukan proses penghalusan atau blender sampai menjadi bubuk.
 
Ketika bumbu siap, maka tahap berikutnya adalah direndam dalam air selama 15 menit. Setelah itu, masukkan ke panci untuk dibuat kaldu. Bubur pedas harus memiliki ketebalan, otomatis jumlah air yang dipakai harus berdasarkan porsi bahannya. Setelah kaldu mendidih, maka bahan lainnya, seperti wortel, kentang, sayuran hijau, jamur, kembang tahu, rebung, daun kunyit, kacang panjang, udang kering, dan daging ditambahkan bersama dengan bumbu.
 
Bubur pedas biasa dijajakan di bazaar Ramadan dan diburu menjelang berbuka puasa. Harganya rata-rata 3 Ringgit per porsi. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s