Cantiknya Laguna Biru, Awas Beracun!

Harpur Hill, Buxton, Inggris (Foto: amusingplanet)

Harpur Hill, Buxton, Inggris (Foto: amusingplanet)

DARI jauh, bekas tambang di Harpur Hill, Buxton, Inggris, ini nampak seperti sebuah surga bagi pencinta wisata air. Air yang mengisi lubang tambang begitu jernih dan cantik. Namun jangan salah, air ini beracun.

Tambang Harpur Hill di Buxton boleh saja nampak seperti sebuah laguna biru yang cantik. Namun, warna kebiruannya ternyata berasal dari sisa-sisa polusi kimia dari bekas tambang.

Untuk mencegah orang tergiur berenang di dalamnya, sebuah tanda peringatan telah dipasang di tepi tambang. Peringatan itu juga menegaskan bahwa di dalam air tambang terdapat bangkai mobil, hewan mati, dan kotoran manusia.

Meski sudah diberi peringatan, bekas tambang ini tetap ramai sebagai destinasi liburan. Bahkan, terlihat banyak pengunjung kemping di tepi-tepinya, seperti dikutip dari AmusingPlanet, Senin (29/7/2013).

Air bekas tambang ini mengandung alkalin dengan pH 11,3, hampir setara amonia. Artinya, berenang di sini dapat menyebabkan Anda terkena iritasi mata dan kulit, serta sakit perut dan infeksi jamur.

Pada Juni 2013, pemerintah setempat melakukan tindakan tegas agar tidak ada lagi turis yang berenang di tambang ini. Mereka menuangkan pewarna hitam di airnya sehingga pengunjung tahu bahwa air di bekas tambang tersebut tidak boleh disentuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s