Stasiun Tanjong Priok, Kecantikannya Jadi Kebanggaan Indonesia

Stasiun Tanjung Priok (Foto: semboyan35)

Stasiun Tanjung Priok

HIRUK pikuk Tanjung Priok biasanya dihubungkan dengan perjalanan kapal yang hilir mudik berlayar. Namun ternyata, di balik hiruk pikuk tersebut Anda dapat menemukan sebuah stasiun cantik yang menjadi salah satu saksi bisu Indonesia di masa lalu. Inilah Stasiun Tanjung Priok.

Stasiun ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Letaknya di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Melihat bangunan stasiun ini, Anda pasti akan berdecak kagum melihat keindahan bangunannya. Tentu saja, karena bangunan ini menjadi salah satu cagar budaya DKI Jakarta.

Pada zaman dahulu, Stasiun Tanjung Priok berfungsi menghubungkan antara Pelabuhan Tanjong Priok dan Batavia yang berada di selatan. Dibutuhnya 1.700 tenaga kerja untuk membangun gedung cantik ini dengan 130 di antaranya adalah pekerja berbangsa Eropa.

Bangunan artistik yang memadukan gaya neo klasik dan kontemporer ini kini masih digunakan. Meski sempat tidak lagi digunakan untuk naik turun penumpang pada 2000, pada 2009 stasiun ini difungsikan seperti sedia kala.

Anda dapat mengunjunginya untuk menemukan sebuah bunker yang ada di salah satu sudut stasiun. Tak jarang, beberapa pasangan melakukan sesi foto pre-wedding di tempat ini karena tertarik dengan sejarah dan desain stasiun yang begitu unik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s