Termahal di Dunia, Burger ini Dihargai Rp3.4 Miliar!

detail berita

Burger termahal di Inggris (Foto:huffingtonpost)
LONDON – Pernahkah terbayang, Anda mengonsumsi burger seharga 250 ribu Euro (sekira Rp3,4 miliar)? Anda bisa mencicipinya di London, Inggris.

Burger seharga Rp3,4 milyar ini ‘tumbuh’ di laboratorium memakai sel induk dari sapi yang sudah disembelih. Burger termahal di dunia terdiri dari 3.000 irisan daging sapi buatan, masing-masing daging seukuran sebutir beras.

Prof. Mark Post, seorang ahli fisiologi medis di Universitas Maastrict, Belanda, telah menghabiskan waktu selama dua tahun guna mengembangkan ‘in vitro’ burger. Ini dipercaya membantu menyelamatkan lingkungan dan mencegah krisis pangan.

Ia mengemukakan bahwa sel induk yang diambil dari salah satu hewan bisa dipakai untuk membuat daging satu juta kali lebih banyak daripada satu ekor sapi. Para ilmuwan percaya bahwa demonstrasi publik baru-baru ini bisa menjadi alternatif daging yang dijual pada lima sampai sepuluh tahun mendatang.

“Akhirnya, visi saya adalah bahwa Anda memiliki daging yang tak terbatas untuk membuat kaldu. Pada dasarnya adalah menyembelih binatang dan mengambil semua sel induk, sehingga dibutuhkan teknologi untuknya,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya memakai 70 persen dari kapasitas pertanian untuk menumbuhkan daging melalui ternak. Jika tak melakukan apapun, maka daging akan menjadi makanan mewah dengan harga mahal.

“Ternak banyak memberikan kontribusi terhadap emisi gas rumah kaca,” ujarnya.

Sebelum dibuat, The Food Standar Agency menegaskan bahwa daging buatan ini membutuhkan persetujuan dari pemerintah jika akan diproduksi secara massal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s