Trik Pencopet kelabui Wisatawan di Museum Terpopuler Dunia

Aksi copet di Paris (foto:dailymail)

Aksi copet di Paris

PARIS – Pencopet dapat Anda temukan dimana saja, bahkan di sekitar destinasi terpopuler di Prancis, Museum Louvre. Baru-baru ini, di dunia maya beredar sebuah foto yang menggambarkan trik kawanan pencopet saat mengelabui korbannya.

Para pencopet yang telah lihai mengintai mangsanya di sekitar tempat wisata terkenal di dunia, yakni Menara Eiffel dan Museum Louvre. Tak tanggung-tanggung, mereka biasa melakukannya di siang hari saat kondisi sangat ramai.

Yang mengejutkan, aksi ini biasanya dilakukan oleh sekelompok remaja yang telah terorganisir. Disebutkan bahwa biasanya mereka merupakan pendatang dari Bulgaria dan Rumania.

Trik yang digunakan ternyata beragam. Biasanya, salah seorang anggota komplotan akan mengawasi wisatawan yang sedang menarik uang tunai dari mesin ATM. Setelah itu, anggota komplotan yang lain bertugas mengalihkan perhatian calon korban dengan cara menawarkan brosur sedangkan anggota lain sibuk mengambil uang tunai ataupun dompet milik korban.

“Hanya sedikit yang dapat kami lakukan terhadap kejahatan tersebut karena anak-anak akan terbebas dari jeratan hokum. Sementara itu, biasanya uang yang mereka dapatkan akan berakhir di komplotan lain yang lebih dewasa,” tutur salah seorang petugas keamanan di Museum Louvre, seperti dilansir Dailymail, Kamis (18/7/2013).

Museum Louvre saat ini memiliki 20 petugas berseragam yang selalu berbaur dengan ribuan wisatawan. Untuk meningkatkan keamanan, mereka juga menambah jumlah kamera pengintai di sekitar museum.

Paris memang menjadi tujuan impian bagi wisatawan di seluruh dunia. Tak heran jika para wisatawan menjadi sasaran empuk kawanan pencopet. Maraknya kasus pencopetan mendorong pihak keamanan setempat menambah personel untuk memastikan keamanan para wisatawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s