Mengintip Kelezatan Kuliner Ramadan di Maroko

 

detail berita

Rghayif, salah satu menu berbuka puasa warga Maroko (Foto: azizakithcen)
MAROKO adalah negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Otomatis, penduduknya sebagian besar menjalankan ibadah puasa, dengan kuliner khas yang kerap dihidangkan.

Di Maroko, Ramadan dianggap sebagai waktu eksklusif untuk merefleksikan batin dan memahami kebutuhan orang miskin. Mereka melihatnya sebagai momen untuk berbagi makanan kepada orang yang kurang beruntung. Tradisi ini turut menabur benih kasih sayang di antara seluruh warga Maroko.

Pada saat sahur, mereka kerap menyantap makanan ringan bernama sobh, juga yoghurt, oatmeal, croissant, kurma, roti, dan air putih yang banyak. Untuk konsumsi minumannya, mereka juga kerap menikmati kopi, susu, dan teh mint.

Ada sahur, tentunya ada pula buka puasa yang dipenuhi dengan makanan. Tak ketinggalan, kurma kerap disajikan ditemani berbagai jenis minuman, seperti susu, jus, teh, dan kopi. Adapula yang menikmati sup dengan cara diminum, yaitu hareera, seperti diulas Timesofoman, Rabu (31/7/2013).

Sup ini berbasis sup tomat yang merupakan bagian dari menu buka puasa setiap hari selama Ramadan. Berbagai roti pun menemani saat buka puasa, yakni msemen dan rghayif (roti datar yang berlapis, dimasak dalam wajan seperti parathas India). Makanan inipun merupakan menu khas Ramadan. Di meja pun kerap disajikan zaitun, telur rebus, keju, selai, dan mentega. Tak lupa, teh biskuit yang dikenal dengan fekkas.

Usai berbuka, masing-masing keluarga di Maroko bergegas ke masjid untuk shalat tarawih. Fatima Ben Maryem, warga Prancis keturunan Maroko, mengatakan bila Ramadan, para keluarga menyiapkan makanan dan mengirimkannya ke masjid untuk berbuka puasa bersama. Setelah shalat, melakukan pergi ke kafe untuk bersantai sampai larut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s