Lebaran, Wisatawan ke Yogyakarta Diprediksi Naik 10 Persen

Cave tubing di Goa Pindul, Yogyakarta (Foto: Fitri/Okezone)

Cave tubing di Goa Pindul, Yogyakarta

YOGYAKARTA – Dinas Pariwisata DIY memprediksikan jumlah wisatawan yang datang selama Lebaran akan meningkat sekira 10 persen. Prediksi ini berkaca pada pengalaman tahun lalu.

Pada Lebaran tahun lalu, jumlah wisatawan ke Yogyakarta mencapai 150 ribu orang. Oleh karenanya, Dinas Pariwisata DIY akan meningkatkan pengamanan di beberapa objek wisata menghadapi lonjakan pelancong.

“Prediksi kita naik 10 persen dari tahun lalu, yang mencapai 150 ribu wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir Abdullah di Yogyakarta, Rabu (31/7/2013).

Kenaikan ini, kata dia, tidak begitu signifikan. Kebetulan, libur Lebaran tahun ini berdekatan dengan liburan sekolah sehingga banyak orang yang datang hanya untuk berlibur selama Lebaran.

Menurutnya, saat Lebaran mayoritas wisatawan dari dalam negeri. Meski begitu, ada juga wisatawan asing yang berasal dari Jerman, Belanda, dan Prancis. Apalagi, saat ini adalah libur musim panas yang menjadi peek season bagi wisatawan Eropa.

“Kita sudah koordinasi dengan Kepolisian untuk mengamankan objek wisata, baik dengan Polda maupun di tingkat Polres,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s