Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

 

img

dok. Thinkstock

Jakarta – Semakin bertambahnya umur kita perlu menjaga pola makanan dan nutrisi yang diasup. Jika tidak begitu, berbagai penyakit bisa menyerang.

Gloria Tsang, founding editor di website HealthCastle, menyarankan untuk memilah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetapi mengkombinasi makanan untuk sehari-hari tidaklah mudah. Berikut makanan yang dapat membantu penuaan, seperti diulas eHow.

1. Biji-bijian dan Gandum Utuh
Biji-bijian merupakan komponen yang sangat penting dalam mengatur pola makan yang sehat karena dapat mencegah diare. Serat yang terkandung di dalamnya bisa mempengaruhi pembentukan feses. Campurkan biji-bijian bisa dimasukkan ke dalam kandungan kue atau sebagai pengganti nasi. Gandum juga merupakan sumber serat yang bagus untuk memperlancar pencernaan.

2. Kacang-kacangan
Makanan yang juga penting untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung kadar serat yang tinggi, protein, dan potasium . Karena kandungan potasiumnya tinggi, makanan ini cocok untuk mereka yang menderita penyakit darah tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga dapat digunakan sebagai pengganti daging bagi para vegetarian karena kandungan proteinnya tinggi.

3. Kentang
Selain kacang, kentang merupakan makanan yang memiliki kandungan potasium yang tinggi. Saat mengolah kentang, jangan buang kulitnya karena banyak nutrisi yang terkandung dalam kulit kentang. Selain itu kentang merupakan makanan yang mudah dioalah.

4. Ikan
Dapatkan nutrisi asam lemak omega-3 dari ikan. Omega-3 sangat penting dalam pembentukan otak dan bisa mencegah anda dari penyakit pikun atau Alzheimer. Ikan juga dapat membantu mencegah kolesterol yang banyak diderita orang tua. Pilih ikan dengan warna cerah seperti salmon karena kandungan omega-3nya paling tinggi.

5. Alpukat
Salah satu buah yang penting untuk dikonsumsi adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak yang dibutuhkan tubuh seperti monounsaturated dan polyunsaturated. Alpukat bisa dimakan sebagai campuran salad ataupun sebagai jus.

6. Buah Berry
Segala jenis buah berry sangat bagus untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Buah berry dengan warna gelap seperti blueberi, plum, dan anggur mengandung antioksidan yang lebih tinggi.

7. Kulit Buah
Jangan kupas kulit buah ketika mengonsumsinya, baik ketika dimakan ataupun diolah menjadi jus. Kulit buah seperti apel, peach, dan pir mengandung banyak serat.

8. Kafein
Jangan takut untuk mengonsumsi teh ataupun kopi. Tubuh kita masih membutuhkan kafein karena bagus untuk jantung. Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan, konsumsi kafein maksimal 2 cangkir sehari. BIla lebih dari itu akan berdampak buruk bagi tubuh.

9. Makanan Manis
Sebagian besar dari kita menganggap bahwa makanan manis perlu dihapuskan dari daftar makanan kita bila ingin sehat. Boleh makan makanan yang manis asalkan atur porsinya dan jangan sampai berlebih.

10. Air
Air merupakan elemen paling penting dalam diet sehat karena air memiliki peranan penting dalam tubuh seperti membuang racun dan mengantarkan nutrisi ke sel-sel tubuh. Air putih merupakan pilihan terbaik meskipun Anda dapat mengonsumsi air dari sari buah seperti tomat dan semangka. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s