Ternyata Mie Udon Bisa Menghasilkan Listrik!

thumbnail
Jakarta – Udon, mie dari tepung terigu, populer di seluruh Jepang terutama daerah Shikoku. Mie yang tebal dan kenyal ini bisa dimasak dengan kuah panas atau dingin, bisa juga ditumis. Ternyata udon juga memiliki kegunaan lain selain dikonsumsi, yakni untuk menghasilkan listrik!
Chiyoda Manufacturing Corporation dari prefektur Kagawa di daerah Shikoku, Jepang, mengumumkan bahwa mulai September ini mereka akan mulai memproduksi listrik dari udon. Produsen mesin-mesin industri ini memanfaatkan gas metana yang dihasilkan dari udon yang difermentasi.

Sebelumnya Chiyoda sudah terlibat dalam produksi ethanol menggunakan udonsisa dari perusahaan mie lokal. Namun, mereka menemukan bahwa mereka memiliki banyak sisa udon tak terpakai, yakni hampir 1,5 ton setiap harinya.

Dengan menggunakan udon sisa, Chiyoda dapat mengurangi limbah secara drastis. Perusahaan inipun akan melengkapi mie dengan mengumpulkan limbah makanan dari restoran. Semuanya dimasukkan ke dalam tangki besar berdiameter dan tinggi masing-masing delapan meter di kota Takamatsu, Kagawa.

Chiyoda yakin bahwa mereka dapat menghasilkan gas metana yang cukup untuk menyalakan turbin selama 24 jam sehari. Pada gilirannya, 180.000 kWh listrik setahun yang cukup untuk memenuhi keperluan listrik 50 rumah akan dihasilkan!

Seperti dilansir Rocket News 24 , saat ini Chiyoda hanya memiliki satu tangki. Namun, mereka berencana menambah jumlahnya di penghujung tahun ini.

Dibanding bahan bakar hidrokarbon lain, metana menghasilkan karbondioksida lebih sedikit untuk setiap unit panas yang dilepas. Wah, siapa sangka udon bisa jadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s