Wah! Ada Pasar Malam Indonesia di Belanda

Demo masak di Pasar Malam Indonesia (pasarmalam.indonesia.nl)

Den Haag – Eropa juga punya pasar malam, meski seringnya hanya buka saat menjelang hingga Natal. Tapi di Belanda, ada pasar malam yang isinya semua tentang Indonesia. Keren!

Inilah Pasar Malam Indonesia, pasar malam tahunan yang digelar oleh Kedutaan Besar Indonesia di Malieveld, Den Haag, Belanda. Bekerja sama dengan banyak kementerian, maskapai dan dinas pariwisata daerah, mereka memperkenalkan seperti apa wajah cantik Indonesia dengan cara yang sangat asyik: Pasar Malam.

Tahun 2013 adalah tahun keempat digelar, demikian ditengok dari situs resmi Pasar Malam Indonesia. Pasar Malam Indonesia baru saja selesai digelar, tepatnya dari tanggal 20-24 Maret lalu. Dalam pasar ini, biasanya diperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Belanda, terutama masyarakat muda di sana.

Beragam display dibuat semenarik mungkin, mulai dari ragam budaya, hingga bermacam tempat wisata nan indah dan menggoda. Tak cuma display, ada juga macam-macam penampilan khas Indonesia yang digelar di sini. Bintang tamu tahun ini antara lain Denada, Edo Kodolongit, Didi Kempot dan Trio Batak.

Bahkan, para pengunjung bisa langsung berlatih dan mencoba sendiri salah satu tarian khas asal Indonesia, yaitu Poco-poco. Selain menari, pengunjung juga berkesempatan mencoba salah satu alat musik yang sedang terkenal di luar negeri yaitu angklung.

Bagi pengunjung yang suka makan, bisa menonton demonstrasi masak dari koki-koki handal. Seperti di pasar malam pada umumnya, kuliner adalah primadonanya. Begitu juga di Pasar Malam Indonesia, pengunjung bisa puas mencicip ragam kuliner khas Indonesia.

Setidaknya ada 30 restoran yang membuka stand di sini. Tentunya, beragam kuliner lezat rasa khas Tanah Air bisa dirasakan di sini. Pasar malam ini bisa jadi atraksi wisata unik bagi para masyarakat Belanda, sekaligus jadi obat rindu bagi para warga Indonesia yang sedang tinggal atau liburan di sana.

Tidak seperti di kebanyakan pasar malam Asia yang masuk secara bebas dan gratis, Pasar Malam Indonesia di Den Haag memiliki tiket masuk. Harganya sekitar 5 Euro atau yang setara dengan Rp 64 ribu per harinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s