Tisu Lebih Baik dari Mesin Pengering Tangan, Ini Alasannya

Tisu kertas toilet. (Splash)

VIVAlife – Mana yang Anda sukai, mengeringkan tangan dengan mesin pengering dengan suara bising, atau dengan menggunakan kertas tisu? Sebuah penelitian menegaskan, bunyi bising dari pengering tangan dapat merusak telinga seseorang. Suara berisik tersebut hampir sama dengan suara bor di pinggir jalan.

Tujuan dari pengeringan tangan usai adalah untuk menghindarkan bakteri. Pasalnya bakteri akan mudah menyebar ketika tangan dalam kondisi basah, seperti yang ditulisnews.com.au.

Karen Clark, seorang mikrobiologi di Dyson, mengatakan, tangan basah dapat mentransfer 1.000 bakteri kali lebih banyak. Ini terutama ketika tangan basah langsung bersentuhan dengan benda atau permukaan, seperti gagang pintu, meja atau kursi.

Salah satu cara mengeringkan tangan yang baik dan terhindar dari bakteri, yaitu dengan cara menggunakan tisu kertas. Ini adalah cara paling efektif.

Jika Anda perhatikan, saat mengeringkan tangan dengan mesin pengering, seseorang akan menggosokkan kedua tangannya. Cara ini diangap menjadi cara cepat dalam mengeringkan tangan. Mungkin teknik ini terlihat benar, tapi sebenarnya cara ini justru meningkatkan bakteri hidup lebih banyak di tangan.

Menggosokkan dua tangan basah, sama dengan memindahkan bakteri dari tangan satu ke tangan yang lainnya. Waktu yang digunakan pun terbilang lama, ketimbang mengeringkan tangan dengan tisu kertas. Semakin lama terkena udara, tangan basah akan mudah dihinggapi bakteri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s