Pengganti Bahan Kue & Masakan Beralkohol

detail berita

(Foto:Foxnews)
UNTUK menguatkan rasa dan aroma kue ataupun masakan, biasanya dalam resep tercantum rum atau ekstrak buah lainnya. Bagi umat Muslim, ini jelas haram karena mengandung alkohol.

Jangan khawatir hasil hidangan tidak sesuai dengan harapan jika tidak menggunakan salah satu bahan tersebut karena bahan yang mengandung alkohol dapat diganti, seperti diulas Myhalalkitchen.

Mengganti alkohol pada kue
Beragam dessert biasanya menggunakan bahan-bahan kue yang mengandung alkohol, seperti rum atau ekstrak vanilla. Namun, Anda masih bisa menggantinya dengan bahan berkualitas serupa, tapi tidak mengandung alkohol.

Untuk ekstrak almond, lemon, atau orange yang mengandung alkohol sebaiknya gunakan bakery emulsion sesuai rasa yang ingin diganti. Ekstrak biji ada dapat diganti dengan minyak adas murni. Gantikan rum dengan blackstrap molasses atau coconut bakery emultion. Vanilla extract dengan vanilla ekstrak non-alkohol, vanilla powder, vanilla essence, biji vanilla, atau vanilla bakery emulsion.

Mengganti alkohol pada masakan
Beberapa hidangan Western biasanya menggunakan bahan yang mengandung alkohol untuk melembutkan daging dan menambah aroma pada hidangan. Misalnya sering kali kita menjumpai steak,spaghetti, olahan seafood yang menggunkan wine.

Meskipun masih diperdebatkan apakah alkohol benar-benar hilang bila terkena panas saat dimasak, namun orang-orang masih belum percaya dengan adanya fakta ilmiah tentang alkohol. Jika Anda ragu, sebaiknya jangan gunakan karena beberapa cairan tertentu dapat menggantikan penggunaan bahan masakan yang mengandung alkohol.

Jika dalam resep mencantumkan bir, Anda dapat menggantinya dengan jus angur putih atau jus apel. Untuk brandy, gunakan jus peach, sampanye ganti dengan sparkling apple juice atau sparkling white grape juice. Sementara untuk red wine dapat diganti dengan jus anggur berkualitas tinggi, sama halnya dengan white wine yang harus diganti dengan jus anggur putih berkualitas tinggi.

Terkadang juga resep mencantumkan rum untuk hidangan tertentu, maka Anda dapat menggantinya dengan Blackstrap Molasses. Untuk vodka dapat digantikan dengan jus anggur putih dengan campuran jus lemon segar. 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s