9 Makanan Paling Kontroversial di China

detail berita

Di Cina banyak telur palsu dijual (Foto:Weirdasianews)
BILA bepergian ke China, sebaiknya lebih berhati-hati sebab banyak makanan yang terkontaminasi. Sepuluh di antaranya perlu mendapat perhatian lebih.Berikut beberapa makanan paling kontroversial di China yang wajib menjadi perhatian Anda dan keluarga, seperti dilansir Weirdasianews:

Daging kukus di dalam karton
Di China, terdapat daging yang sudah dipotong kemudian direndam dalam soda kaustik, dicincang, lalu diberi rempah-rempah dan bumbu daging babi, yang bahkan tidak dicantumkan tanggal kedaluwarsanya. Tahun 2007 dilaporkan terdapat penangkapan seorang reporter televisi di Beijing yang merilis laporan dugaan penipuan oleh toko makanan tanpa izin yang daging ini di dalam kardus boneka. Hingga kini, tidak ada laporan pendukung yang mengkonfirmasi praktek tersebut di pasar China.

Susu melamin
Bagaimana meningkatkan produksi susu hanya dengan memberi air ke dalamnya? Tes ini diwajibkan pemerintah untuk mendeteksi sejumlah kecil protein dalam susu yang diencerkan. Sayangnya, sebagian orang menjadi kelaparan lantaran korban penipuan.

Berkat melamin, susu yang diencerkan sudah terdeteksi. Tahun 2009, lebih dari 50 ribu bayi dan anak-anak di China sakit dan empat bayi meninggal karena menelan susu tercemar melamin.

Telur ayam palsu
Dengan campuran yang tepat dari kalsium karbonat, bubuk gipsum, dan lilin parafin, Anda akan mendapatkan kulit telur berbentuk sempurna. Untuk membuat telur putih, jumlah proporsional natrium alginat dicampur dengan air kemudian dengan gelatin, tawas, dan asam benzoat. Kemudian warna makanan kuning lemon dan kalsium klorida dicampur untuk membentuk kuning telur. Produk ini terlihat menakjubkan karena mirip dengan aslinya, tapi tidak memiliki kandungan gizi dan menambahkan risiko kesehatan karena menggunakan bahan kimia.

Mi basi
Bagi beberapa orang, makanan basi masih menghasilkan uang besar. Di Dongguan, sebuah kota dekat Hong Kong, terdapat sekira 50 pabrik yang ditemukan memproduksi sekira 500 ribu kilo mi beras dari campuran bahan berjamur, biji-bijian busuk, dan bahan kimia.

Beras palsu
Media mingguan di Hong Kong melaporkan pada 2009 bahwa media di Singapura membuat klaim tentang praktek memproduksi beras palsu di Taiyuan, sebuah kota di Provinsi Shaanxi, China. Setiap butir palsu berisi campuran kentang dan ubi jalar yang dibentuk menjadi padi kemudian diberi tambahan resin plastik industri untuk setuhan akhir. Butiran tetap sulit dibuat bahkan untuk dimasak, belum lagi bisa beracun jika dikonsumsi.

Mainan terlalu mengkilat
Mainan dan hiasan dinding berbentuk bintang mungkin terlihat memikat karena bisa bersinar di kegelapan, tapi tidak dengan daging babi yang baru dibeli di pasar. Tahun 2011, Chen, seorang warga China, membeli daging babi dan melihat sesuatu yang tak biasa saat keluar dari toilet. Saat melewati dapur, dia melihat cahaya kebiruan dari sisa daging.

Fenomena ini memimpin Changsa, Komisi Keamanan Pangan untuk menyelidikinya dengan bantuan pemerintah dan para ahli. Terungkap kontaminasi bakteri yang mengendap.

Wine palsu
Tidak ada wine palsu yang lolos dari selera Jeannie Cho Lee yang dijuluki master of Wine di China. Dalam laporan Reuters Maret 2012, dia mendeteksi peniru selama pesta makan malam di Hong Kong. Menurutnya, pembuat wine palsu mengambil keuntungan dari lonjakan anggur impor di pasar lokal, biasanya wine yang dipalsukan adalah ditujukan pada pelanggan di China yang minim wawasan tentang wine.

Daging tikus
Daging kaya protein, tapi di China daging diganti dengan daging tikus. Menjual daging ini merupakan kejahatan serius sebagai pemalsuan terhadap produk daging sapi atau kambing. Jika tikus tak bisa ditemukan, maka rubah dan musang kerap dipakai sebagai alternatif.

Baru-baru ini, pihak berwenang di China membuat lebih dari 900 penangkapan untuk kejahatan yang berhubungan dengan makanan dan dalam kampanye tiga bulan selalu dimobilisasikan oleh Cina. Khususnya dari Departemen Keamanan Publik yang dimulai 25 Januari. Lebih dari 380 kasus praktik berhubungan dengan makanan ilegal terungkap. Bahkan lebih dari 20 ribu daging dijual secara ilegal.

Kenari palsu
Makanan yang dipalsukan atau menjadi kontroversial terakhir adalah kenari. Kebanyakan kenari palsu dibuat dengan cara mengumpulkan kerang kenari yang sudah kosong lalu diisi dengan semen dan kertas sebeleum ditempelkan bersama-sama. Di China, dimana harga kenari meroket dari 3.500 yuan bahkan mencapai 5 ribu yuan hanya dalam 10 tahun. Trik ini dilakukan demi meraup banyak uang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s