Enjoy Jakarta Sapa Wisatawan Taiwan

Penyanyi Rossa, brand ambassador Enjoy Jakarta (Foto: Heru/Okezone)

Penyanyi Rossa, brand ambassador Enjoy Jakarta (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA – Setelah di Kuala Lumpur, Malaysia, dan tiga kota di China pada Juni dan Juli 2013 lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta kembali menggelar program promosi Enjoy Jakarta. Kali ini di Taipei, Taiwan.

Program promosi Enjoy Jakarta di Taipei digelar pada 13-17 Agustus 2013. Selain bisnis forum yang diikuti puluhan pelaku industri pariwisata Jakarta dan Taiwan, rangkaian acara Enjoy Jakarta ke negara dengan julukan China Kepulauan atau negeri Formosa ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni budaya Betawi dan Indonesia.

Road show Enjoy Jakarta di Taipei, kami akan lebih mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan Taiwan yang jumlahnya kami harapkan bisa terus meningkat setiap tahunnnya, baik dari kalangan turis maupun pelaku bisnis, serta kunjungan untuk kepentingan lainnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Arie Budiman.

Diakuinya, meski jumlah wisatawan asal Taiwan tidak sebanyak negara-negara Asia lainnya, seperti Malaysia, China, Singapura, Jepang, dan Filipina, pasar wisawatan negara ini tetap potensial untuk digarap karena karakteristiknya. Selain untuk tujuan leisure, kedatangan wisatawan Taiwan ke Indonesia dketahui juga untuk kepentingan bisnis, visit family, dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Event).

Hal tersebut juga didukung oleh sarana transportasi udara yang memadai dari Taipei ke Jakarta ataupun sebaliknya, baik oleh Garuda Indonesia maupun maskapai penerbangan lain dari Taiwan maupun Indonesia. “Dengan melihat karaktersitik wisatawan dan dukungan transportasi yang memadai, kami berharap bisa lebih optimal lagi menggarap pasar wisawatan dari Taiwan. Dengan berbagai fasilitas berstandar internasional, Jakarta siap menerima dan melayani para pendatang dari Taiwan untuk berbagai kepentingan,” ucapnya.

Dalam road show tersebut, lebih dari 10 pelaku industri pariwisata dari Jakarta akan memberikan presentasi dan menawarkan berbagai paket wisata menarik kepada puluhan buyer di Taiwan. Melalui road show ini pula, tandas Arie, pihaknya akan menegaskan bahwa Jakarta adalah kota yang aman dan kondusif, dan siap menerima dan melayani pendatang Taiwan untuk berwisata, berbisnis, atau mengunjungi sanak saudaranya di Jakarta.

“Melalui road show Enjoy Jakarta ini, kami harapkan kedatangan turis Taiwan ke Jakarta semakin banyak. Paling tidak tahun ini bisa meningkat 10 persennya,” tutur Arie.

Data Biro Pusat Statistik (BPS) mencatat, dalam empat tahun terakhir, jumlah wisawatan mancanegara ke Jakarta meningkat setiap tahunnya. Jika pada 2009 baru mencapai 1,216 juta orang, pada 2010 meningkat dratis menjadi 1,892 juta orang. Pada 2011 jumlahnya mencapai 2,003 juta orang dan meningkat pada 2012 menjadi 2,119 orang.

Kepala Bagian Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Cucu. A. Kurnia menambahkan, Enjoy Jakarta di Taipei dimeriahkan sejumlah atraksi kesenian dan budaya yang akan ditampilkan oleh sejumlah artis dan pelaku seni profesional. “Pagelaran seni dan budaya ini tentu diharapkan bisa menambah daya tarik bagi wisatawan Taiwan untuk datang ke Jakarta,” kata Cucu.

Cucu menambahkan, sektor pariwisata semakin strategis dalam pembangunan ekonomi Jakarta. Ini antara lain terlihat dari kontribusi sektor ini terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam APBD DKI Jakarta. Tahun 2012 lalu, kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD Jakarta mencapai sekitar RP 2,6 triliun.

“Ke depan, diharapkan kontribusi tersebut akan terus meningkat sehingga efektivitas kegiatan promosi perlu lebih ditingkatkan dari waktu ke waktu,” jelasnya.

Enjoy Jakarta adalah bagian dari upaya Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta untuk menjadikan kota ini sebagai salah satu pilihan destinasi  terbaik di Asia maupun dunia. Tujuannya meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik ke kota megapolitan ini.

Kini, Jakarta tercatat sebagai salah satu kota tujuan wisata dengan pertumbuhan  tercepat. Tahun lalu, jumlah wisman ke Jakarta telah mencapai 2,129 juta dengan lama tinggal rata-rata 5,1 hari dan pengeluaran USD160 per hari sehingga menghasilkan devisa sekitar USD1,729 miliar.

Semakin tingginya minat wisatawan tersebut juga telah memberi peluang bisnis yang kian besar seperti terlihat dari pertumbuhan sarana dan prasarana wisata di Megapolitan Jakarta yang melaju pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, di Jakarta tersedia tidak kurang dari 1.257 tempat hiburan dan rekreasi yang menyajikan lebih dari 19 jenis hiburan yang siap memberikan berbagai pengalaman keceriaan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Jumlah pusat perbelanjaan juga terus bertambah yang kini sudah mencapai 86 mall yang menawarkan berbagai produk-produk berkualitas internasional. Tidak heran, Jakarta kini menjadi maskot perbelanjaan terkemuka di kawasan Asia dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s