Hiii…Patung Museum Ini Bergerak Sendiri!

Patung Mesir yang berputar sendiri di Museum Manchester (Foto: naij)

Patung Mesir yang berputar sendiri di Museum Manchester (Foto: naij)

MANCHESTER – Staf museum ini terkejut saat melihat video yang memperlihatkan patung-patung kuno koleksi Museum Manchester yang dijaganya. Pasalnya, patung-patung tersebut tiba-tiba berputar sendiri.

Patung Mesir bernama Neb-Senu setinggi 25 centimeter tersebut diperkirakan sudah ada sejak 1800 Sebelum Masehi dan menjadi koleksi Museum Manchester selama 80 tahun. Patung ini ditemukan di kuburan mumi dengan sebuah catatan bertuliskan “roti, bir, dan daging”.

Selama beberapa bulan terakhir, kurator museum menyadari bahwa patung ini menghadap ke arah yang salah. Aneh, karena siapapun tak memiliki akses ke lemari penyimpanannya.

Lalu petugas museum membuat sebuah video untuk mengamati patung ini. Yang mereka temukan ternyata membuat bulu kuduk berdiri, karena patung ini berputar sendiri tanpa ada yang menyentuhnya!

“Saya menyadari patung ini berputar. Ini aneh karena hanya saya yang memiliki kunci untuk ke patung tersebut,” kata Campbell Price, kurator Museum Manchester.

“Saya memperbaiki letaknya, tapi dia berubah posisi lagi. Di video pun akhirnya terlihat, patung ini bergerak memutar sendiri,” tambahnya.

Mesir Kuno percaya bila sebuah mumi hancur, maka patung yang menjaganya akan menjadi media bagi roh mumi tersebut. Pihak museum menduga itulah yang terjadi pada patung tersebut.

Namun, para ahli mengatakan bahwa patung tersebut berputar karena langkah kaki pengunjung museum. Bila benar begitu, mengapa hanya patung tersebut yang bergerak dan yang lain diam?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s