Uang Pas-pasan, Wisatawan Indonesia Pilih Pelesir Dalam Negeri

Pantai Kuta, Bali (Foto: Mutya/Okezone)

Pantai Kuta, Bali (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA – Ternyata, wisatawan Indonesia masih menaruh minat pada destinasi dalam negeri. Jumlah masyarakat Indonesia yang memilih berlibur ke destinasi-destinasi wisata dalam negeri semakin meningkat, menurut survei terbaru MasterCard.

MasterCard Survey on Consumer Purchasing Priorities 2013 mengungkapkan bahwa rata-rata delapan dari sepuluh orang Indonesia memilih untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam negeri. Hasil survei ini juga menyatakan bahwa Bandung tidak lagi menjadi kota tujuan wisata domestik yang paling diinginkan, karena posisi puncak kini diduduki oleh Denpasar.

Bandung harus tergeser ke posisi kedua, dan Yogyakarta tetap bertahan di posisi ketiga sebagai kota tujuan wisata terfavorit bagi wisatawan domestik sejak tahun lalu. Menurut survei ini, masyarakat Indonesia (53% responden) cenderung enggan berwisata ke luar negeri antara lain karena minimnya pendapatan.

Sementara, faktor lain yang mempengaruhi adalah naiknya kebutuhan rumah tangga (38%), kurangnya minat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri (22%), kesibukan pekerjaan (13%), dan kesulitan keluarga muda dalam mengurus anak selama berwisata ke luar negeri (10%) turut dipilih responden sebagai halangan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berwisata ke luar negeri.

“Banyaknya masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktu liburannya di dalam negeri ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor pariwisata nasional, terutama di daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata di Tanah Air,” ujar Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia, saat menanggapi hasil survei terbaru MasterCard dalam keterangan persnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s