Yuk, Mengenal Jamur yang Umumnya Dimasak!

detail berita

Jamur chanterelle (Foto:Terranea)
MUNGKIN Anda termasuk pecinta jamur, namun belum tahu bagaimana mengidentifikasi karakteristiknya. Ada beragam jamur yang sering dimasak dan disantap oleh kaum vegetarian karena rasanya yang mirip daging dan kenyal.

Beberapa jamur bisa dimasak bersama batangnya, namun ada pula jamur yang hanya menggunakan bagian topinya. Berikut jenis-jenis jamur yang umum dimasak:

Chanterelle
Jamur ini memiliki aroma fruity. Jamur chanterelle ada yang berwarna kuning, oranye, dan coklat keputihan atau kehitaman. Bagian atas atau topinya berbentuk corong dengan kerutan. Anda harus mencucinya dengan cepat dan berhati-hati sebelum diolah.

Jamur putih
Jamur ini merupakan jenis yang paling umum ditemukan. Jamur putih terdiri dari berbagai ukuran dari kecil yang disebut jamur kancing dan dipanen saat muda. Rasanya paling ringan hingga, bisa diisi dan dipanggang. Jamur berwarna putih creamy ini terlihat pucat, memiliki tekstur yang tegas dan rasa yang lezat.

Jamur Tiram
Jamur ini lembut seakan seperti beludru dan berbentuk terompet. Jamur tiram berwarna coklat lembut, abu-abu, atau topi kemerahan pada batang yang berwarna abu-abu putih. Jamur ini memiliki rasa pedas dan sangat lembut saat dimasak. Jamur tiram muda dianggap sebagai jenis terbaik.

Portobello
Ukurannya bisa hingga 6 inci. Portobello memiliki rasa dan tekstur layaknya steak. Portabello berukuran besar memiliki topi layaknya payung yang sering dimakan sebagai pengganti burger vegetarian. Lepaskan batang yang mengeras seperti kayu sebelum makan.

Shiitake
Dengan daging yang gemuk dan topi berbentuk payung berwarna coklat gelap. Jamur shiitake memiliki rasa berasap yang khas dan rasa terbaik saat dimasak. Jamur ini dijual dalam keadaan segar ataupun kering, dan sering dimasak dengan cara ditumis dengan tambahan jahe dan bawang putih untuk mempertahankan rasa aslinya. Meskipun batang agak sulit dimakan dan harus dibuang sebelum dimasak, Anda masih bisa menggunakan batangnya untuk membuat kaldu rasa jamur sebelum akhirnya dibuang.

Cremini
Jamur ini mirip dengan jamur putih, tapi memiliki tekstur yang tegas dan rasa lebih ‘dalam’. Jamur creminis sebenarnya adalah Portobello dewasa. Bagian atasnya seperti topi berwarna cokelat muda hingga cokelat gelap. Batangnya dapat dimakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s