Kisah Agen Wisata Presiden Amerika Serikat

Presiden Obama saat berlibur di Massachusets, Amerika Serikat (Foto: HuffingtonPost)

Presiden Obama saat berlibur di Massachusets, Amerika Serikat (Foto: HuffingtonPost)

BAHKAN untuk berlibur saja, seorang Presiden Amerika Serikat perlu didampingi protokoler yang ketat. Bagaimana cara seorang presiden merencanakan liburannya?

Perjalanan liburan Presiden Amerika Serikat diatur oleh Kantor Perjalanan Gedung Putih, yang dipimpin oleh Ashley Tate-Gilmore. Ashley bersama lima orang stafnya menangani logistik dalam setiap perjalanan presiden, dengan rincian yang tidak diketahui oleh publik.

Dengan ini, Ashley seperti bertindak sebagai seorang agen perjalanan bagi Gedung Putih dan stafnya. Pekerjaannya mengharuskan dia menyambangi lebih dahulu tempat-tempat yang akan dikunjungi presiden untuk mengecek kondisinya. Ia harus mendapatkan akomodasi di tempat wisata untuk sang presiden, meski saat itu tidak sedang musim liburan.

Ia juga harus mengurus akomodasi bagi staf presiden, pasukan pengamanan presidan, dan lain-lain di berbagai belahan dunia. Bila tidak mendapatkan kamar hotel untuk pengiring presiden, ia harus mendapatkan mobil trailer di luar hotel tersebut.

Ia juga harus mengurus visa bila presiden berkenan libur di luar Amerika Serikat. Untuk itulah, dalam pekerjaannya ini, Ashley harus benar-benar mengenal pejabat pariwisata di berbagai tempat serta hotel yang akan dikunjungi presiden.

Yang terakhir, tentunya masalah keamanan dan privasi. Ashley harus menjaga perjalanan liburan presiden dari awak media massa yang mengikutinya, atau mengurusi akomodasi perjalanan media yang memang ditugaskan untuk mengikuti presiden.

“Pekerjaan ini memang berat, namun dibutuhkan rasa humor yang tinggi untuk menghadapinya,” ujar Ashley

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s