Mengenal Bandara Kualanamu, Primadona Baru Indonesia

Bandara Internasional Kuala Namu (foto: ezytravel)

Bandara Internasional Kuala Namu (foto: ezytravel)

BANDARA Kualanamu berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Bandara ini dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia yang tadinya menghubungkan Medan dengan kota-kota lain di Indonesia serta internasional.

Bandara Kualanamu diharapkan menjadi hub internasional yang baru untuk kawasan Asia Tenggara. Ini berhubung posisinya yang amat strategis, lebih dekat dengan Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok, dibandingkan dengan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Kapasitasnya pun melonjak berkali lipat dibandingkan Polonia, diharapkan dapat menampung 8,1 juta penumpang per tahun pada pembangunan tahap pertama. Bandingkan dengan Polonia yang hanya menampung 900 ribu penumpang per tahun. Pada pembangunan tahap kedua, diharapkan Kualanamu dapat menampung 15 juta penumpang per tahun, dan 22,18 juta penumpang pada tahap ketiga, seperti dikutip dari Skyscanner, Senin (19/8/2013).

Bandara Kualanamu dirancang secara modern dengan sistem layanan bagasi otomatis dan berwawasan lingkungan. Di samping itu, Kualanamu juga mencatatkan diri sebagai bandara pertama yang dirancang untuk dapat mengakomodasi pesawat jumbo jet Airbus A380. Seluruh kelengkapan dan desainnya kian mengukuhkan Bandara Kualanamu sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta.

Fakta uniknya lagi, dibangun di atas lahan seluas 1.365 hektare, bandara Kualanamu menjadi yang pertama di Indonesia dengan layanan transportasi antarmoda. Layanan tersebut terhubung langsung dengan pusat kota, Kota Medan.

Dari Bandara Kualanamu ke Medan, wisatawan dapat menggunakan mobil, bus, ataupun kereta. Untuk menggunakan kereta, Anda harus membayar tiket sebesar Rp80 ribu hingga sampai ke Stasiun Besar Medan.

Maskapai penerbangan internasional pun menyambut baik kehadiran bandara baru ini mengingat Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia dengan derap bisnis yang cepat. Bandara Polonia sendiri tercatat sebagai bandara tersibu keempat di Indonesia, setelah Jakarta, Bali, dan Surabaya. Dengan perubahan dan ragam inovasi yang dihadirkan di Bandara Kualanamu, bukan tidak mungkin akan semakin membuka keran bisnis dan pariwisata di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s