Pulau dengan Spesies Aneh Masih Favorit Wisatawan

Pulau Galapagos (Foto: cntraveller)

Pulau Galapagos (Foto: cntraveller)

MAJALAH wisata Amerika Serikat, Travel+Leisure, baru saja mengeluarkan daftar pemenang World’s Best Awards, berisi kategori-kategori wisata terbaik di dunia. Kategori dimaksud, antara lain hotel, kota, pulau, pesiar, operator wisata, maskapai, destinasi spa, dan lain-lain terbaik di dunia.

Tahun ini, Pulau Palawan di Filipina berhasil menjadi jawara pulau terbaik di dunia. Pulau Bali dari Indonesia pun masih masuk dalam peringkat 10 besar, meski harus turun dari peringkat tahun lalu.

Pulau-pulau apa saja yang masuk dalam 10 besar daftar ini? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Travel+Leisure: 

Pulau dengan Spesies Aneh Masih Favorit Wisatawan
Pulau Galapagos, Galapagos 

Galapagos adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 13 pulau berapi dan bebatuan yang terletak di Samudra Pasifik, sekira 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan. Dalam survei Travel+Leisure, pulau ini menempati urutan ke sepuluh, padahal tahun lalu berada di posisi keempat.

Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekira empat juta tahun dan yang termuda masih dalam proses pembentukan. Galapagos memang salah satu daerah gunung berapi teraktif di dunia.

Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar. Penelitian oleh Charles Darwin di tempat ini membawanya pada temuan teori seleksi alam. Salah satu spesies uniknya adalah kura-kura raksasa Galapagos, yang sudah berusia ratusan tahun.

Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam pada 1959, melindungi 97,5 persen wilayah kepulauan ini. Pada 1986 lautan di sekitarnya dinyatakan sebagai cadangan kelautan. UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978 yang kemudian diperpanjang pada Desember 2001 untuk memasukkan wilayah cadangan kelautan. Yayasan Charles Darwin yang didedikasikan untuk pemeliharaan kepulauan ini didirikan di Belgia pada 1959.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s