Di Empat Negara Ini, Pemberian Tip Dianggap Kasar

 

(Foto: scmp)
(Foto: scmp)

PELESIR ke luar negeri, penting untuk calon wisatawan mempelajari daerah tujuan. Tak kalah penting adalah etika yang dijunjung masyarakat lokal.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Hotels.com, 91 persen warga Australia mengaku tidak tahu berapa banyak tip yang harus mereka keluarkan saat pelesir di luar negeri. Sepertiga responden mengatakan, merupakan usaha yang berat untuk memahami etika pemberian tip, yang kerap harus disesuaikan dengan budaya dan ekspektasi warga lokal.

Nyatanya, beberapa negara di dunia menganggap pemberian tip sebagai hal yang tidak sopan. Lebih dari 84 persen responden mengatakan mereka akan memberi tip di Thailand, di mana tip dianggap sebagai kebiasaan yang baik. Dan, lebih dari tiga perempat responden tidak akan memberikan tip saat di Jepang, praktek yang tidak umum dan dapat dianggap kasar.

“Konversi mata uang dan pemberian tip bisa sangat membingungkan ketika kita pelesir. Jadi, kami sarankan Anda untuk melakukan survei sederhana terhadap tujuan wisata Anda terlebih dahulu untuk menghindari pelanggaran etika atau membayar tip terlalu besar. Jika ragu, tanyakan pada petugas layanan informasi wisatawan lokal,” kata Katherine Cole dari Hotels.com.

Berikut beberapa negara di dunia yang tidak biasa memberlakukan tip:

Jepang
Masyarakat Jepang tidak membiasakan tip. Pemberian tip justru akan membuat penerimanya bingung, mengapa mereka diberi terlalu banyak uang. Selain itu, pemberian tip dapat dilihat sebagai tindakan tidak terhormat. Meskipun pemberian tip tidak umum, ‘biaya pelayanan’ sedang diperkenalkan di industri rumah makan, hotel, restoran bergaya barat di Jepang.

Korea Selatan
Pemberian dan penerimaan tip tidak umum di Korea Selatan, meskipun jumlahnya hanya kecil untuk petugas hotel.

India
Pemberian dan penerimaan tip di India tidak diharapkan, tetapi dihargai. Namun, jika ditanya berapa banyak yang harus disediakan, orang yang bekerja di bagian pelayanan tidak akan mengatakan jumlahnya secara glambang.

Brasil
Tip tidak diharapkan, namun orang bagian pelayanan bersyukur ketika mereka diberikan tip. Misalnya ketika naik taksi, pembulatan ke atas adalah hal yang cukup umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s