Empat Cangkir Kopi di Venesia Seharga Rp1,4 Juta

St. Mark's Square di Venesia penuh kafe dan restoran (Foto: atravelerslibrary)

St. Mark’s Square di Venesia penuh kafe dan restoran (Foto: atravelerslibrary)

VENESIA – Sekelompok turis terkejut menerima tagihan kopi mereka berjumlah lebih dari 100 Euro (sekira Rp1,4 juta). Padahal, mereka hanya memesan empat cangkir kopi di sebuah kafe outdoordi Venesia, Italia.

Para turis ini memesan empat espresso—tiga di antaranya dicampur ke dalam minuman—di Caffe Lavena. Kafe ini cukup terkenal di Venesia, tepatnya berada di Lapangan Santo Markus.

Saat membaca daftar menu yang diberikan, mereka luput melihat biaya tambahan yang tercantum. Ternyata, biaya ini cukup mengejutkan, berupa ‘biaya tambahan musik’ yang harganya menjadi hampir setengah dari tagihan mereka.

Pengelola kafe yang dibuka pada 1750 ini berdalih bahwa semua harga yang tertera pada menu sudah termasuk biaya tambahan tersebut. “Jika mereka merasa harganya terlalu mahal, mereka bisa pergi ke tempat lain, seperti banyak orang lain melakukannya. Atau, mereka bisa memesan kopi yang ditawarkan di bar, harganya hanya sekitar 1 Euro (sekira Rp14 ribu-red),” kata Massimo Milanese, Manajer Lavena.

Kasus sekelompok turis ini bisa menjadi pelajaran bagi wisatawan lain untuk membaca dengan baik menu makanan yang ditawarkan restoran ketika pelesir. Sebelumnya, sekelompok turis asal Inggris juga dibuat kaget saat pelesir di Roma. Mereka harus membayar lebih dari Rp800 ribu untuk empat buah gelato, es krim khas Italia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s