China Miliki Bandara Tertinggi di Dunia

Bandara Daocheng, China. Bandara tertinggi di dunia (Foto: SMH)

Bandara Daocheng, China. Bandara tertinggi di dunia (Foto: SMH)

Source for the news comes from: http://travel.okezone.com/read/2013/09/17/407/867169/china-miliki-bandara-tertinggi-di-dunia

CHINA baru saja membuka bandara tertinggi di dunia, yang berada di wilayah Tibet. Bandara ini akan mempersingkat perjalanan dari Ibu Kota Provinsi Sichuan yang biasanya harus ditempuh selama dua hari menjadi satu jam saja.

Bandara Daocheng, bandara tertinggi di dunia ini berada 4411 meter di atas permukaan laut. Bandara ini menggantikan posisi Bandara Qamdo di Tibet sebagai bandara tertinggi di dunia.

Bandara ini akan menghubungkan penerbangan dari Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan. Nantinya juga akan ada penerbangan menuju Shanghai, Guangzhou, dan Chongqing, demikian seperti dikutip dari SMH.

Kapasitas Bandara Daoucheng ini adalah 280 ribu penumpang per tahun. Dia juga bertempat tak jauh dari Cagar Alam Yading, yang terkenal sebagai area pariwisata alam yang belum tersentuh.

Bandara ini bukan satu-satunya bandara baru China yang akan ada di kawasan Tibet. Pemerintah China sudah menyiapkan jutaan dolar untuk membangun bandara-bandara baru di area barat Tibet untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Garzi, kota yang menjadi lokasi bandara tertinggi di dunia ini sebenarnya merupakan area padat etnis Tibet yang sering berkonflik dengan pemerintah China. Kota ini masih mendapat pengamanan ketat karena sering terjadinya protes dan demonstrasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s