Solo & Jakarta Diusulkan Masuk Keajaiban Dunia

Monas, ikon wisata kebanggaan warga Jakarta (Foto: Runi/Okezone)

Monas, ikon wisata kebanggaan warga Jakarta (Foto: Runi/Okezone)

Source for the news come from: http://travel.okezone.com/read/2013/09/16/407/866532/solo-jakarta-diusulkan-masuk-keajaiban-dunia

DENPASAR – Kota Solo dan Jakarta telah diusulkan berbagai kelompok masyarakat agar bisa masuk menjadi salah satu keajaiban dunia (New7 Wonders).

Dua nama itu banyak diusulkan masyarakat secara online, baik lewat pesan singkat SMS, telefon, maupun vote lewat email. Siapa saja boleh mengusulkan nama-nama kota di seluruh Nusantara yang dianggap layak menjadi keajaiban dunia.

“Sampai saat ini memang belum ada kreteria yang jelas untuk kategori ini. Kita hanya memberi langkah bahwa sebuah kota mampu menjawab berbagai tantangan masa depan seperti urbanisasi dan lingkungan,” kata Budiarto Tanujaraharjo, Ketua Komite Pelaksana New7 Wonders Indonesia, di Kuta, Bali, baru-baru ini.

Dijelaskan jika sebelumnya ada tujuh keajaiban untuk bangunan baru (New7 Wonders of Man’s Made) dan tujuh keajaiban alam baru (New7 Wonders of Nature), maka tahapan berikutnya adalah predikat kota yang masuk keajaiban dunia.

Predikat keajaiban dunia untuk bangunan baru melambangkan masa lalu dan warisan keajaiban alam melambangkan masa kini. Maka, keajaiban masa depan adalah bisa dilihat pada sebuah kota.

“Bagaimana permasalahan, seperti urbanisasi dan lingkungan, di masa depan itu mampu dipecahkan sebuah kota sehingga bisa layak menjadi salah satu keajaiban dunia,” paparnya di sela kongres New7wonders Global Network.

Tantangan terbesar itulah yang kemudian dinilai sebagai keajaiban kota layak mendapat penghargaan dunia. Hingga kini, pihak penyelengggara New7 Wonders masih menerima usulan kota-kota di belahan dunia sebelum nantinya pada Oktober mendatang diumumkan 28 finalis. Nantinya, pada 7 Juli 2014 akan diumumkan oleh New7 Wonders kota yang dianggap layak meraih predikat keajaiban dunia.

Terkait dengan hal itu pula, beberapa negara yang masuk jaringan New7 Wonders termasuk Indonesia, menggelar kongres Global Network di Bali yang memberikan kesempatan bagi negara anggotanya berbagi pengalaman. Di kongre ini, antarnegera bisa saling belajar bertukar pengalaman dalam mengembangkan warisan yang masuk keajaiban dunia guna memajukan pariwisata di negara masing-masing secara berkelanjutan.

Selain itu, kongres memberi kesempatan negara-negara anggota menjalin kerja sama bisnis di bawah payung New7 Wonders. Kerja sama yang memudahkan setiap negara untuk menjaga keajaiban yang dimiliki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s