5 Perusahaan Pembayar Gaji Tertinggi

PLASADANA.COM – Otoritas pasar modal di Amerika, dalam waktu dekat tak hanya mewajibkan perusahaan publik mengabarkan gaji lima eksekutif tertingginya, tapi juga gaji karyawan. Perusahaan mana yang paling royal dengan pekerjanya?

Peraturan yang diajukan oleh Securities and Exchange Commission itu minta perusahaan menyampaikan gaji tahunan karyawannya. Dengan kebijakan ini, para pekerja bisa membandingkan berapa pendapatannya dibandingkan rekan di perusahaan lain.

Peraturan ini memang belum berlaku, karena masih harus melakukan sekali lagi pengambilan suara. Namun PayScale, penyedia piranti lunak dan data kompensasi karyawan, sudah melakukan analisis.

Data yang digunakan, seperti dilansir MarketWatch, adalah data awal tahun ini yang dibandingkan tahun lalu. Jatah saham tidak dimasukkan dalam analisis terhadap 400 perusahaan yang masuk Fortune 100.

Besaran gaji karyawan yang digunakan adalah median atau nilai tengah dari seluruh gaji karyawan, baik eksekutif maupun staf dalam satu tahun. Hasilnya dikalkulasi dengan kurs rupiah setara Rp 11.000 per dolar AS. Nah, ini dia daftarnya:

1. Microsoft
Gaji karyawan: Rp 1,210 miliar

2. Cisco Systems
Gaji karyawan: Rp 1,118 miliar

3. Google dan Oracle
Gaji karyawan: Rp 1,122 miliar

4. Chevron
Gaji karyawan: Rp 1,045 miliar

5. Fannie Mae
Gaji karyawan: Rp 1,030 miliar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s