7 Hal yang Harus Turis Ketahui Tentang China

Beijing – Berdasarkan data UNWTO 2013, China jadi salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan. Tak heran banyak traveler yang ramai berlibur di sana. Namun sebelum jalan-jalan ke sana, ada 7 hal yang sebaiknya Anda ketahui.

Beberapa waktu lalu, detikTravel bersama Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Jakarta berkunjung ke China. Sejumlah informasi pun dihimpun. Ada 7 hal yang harus turis ketahui tentang China sebelumliburan ke sana:

1. Hanya sedikit orang China yang bisa berbahasa Inggris

“Di China itu cuma sedikit yang bisa bahasa Inggris,” ungkap traveler bernama Arin kepada detikTravel beberapa waktu lalu sebelum saya menuju China.

Nyatanya benar. Selama berada di sana, saya sangat kesulitan bertemu dengan orang yang bisa berbahasa Inggris. Mungkin hanya pemandu wisata saja yang menguasai bahasa Inggris. Baik di bandara, pasar, maupun tempat wisata, sangat sulit menemukan orang yang bisa berbahasa internasional tersebut.

2. Hanya sedikit keterangan yang menggunakan huruf latin

Rasanya, hampir seluruh keterangan yang ada di China menggunakan aksara China. Anda akan kesulitan menemukan keterangan atau tulisan menggunakan huruf latin.

3. Punya mie yang lezat banget

Kelezatan mie China sudah diakui oleh banyak orang. Di China, Anda pun bisa dengan mudah menemukan warung makan yang menjual aneka olahan mie. Lebih asyik lagi, pembeli bisa melihat langsung cara pembuatan mie sampai akhirnya siap saji di mangkok. Jangan sampai dilewatkan.

4. Ada berbagai macam jenis teh

Selain mie, China juga punya banyak teh. Semuanya memiliki rasa yang berbeda dan tentunya lezat.

5. Semua orang berjalan cepat dan menghargai waktu

Hampir semua orang di China berjalan tergesa-gesa. Mereka sangat menghargai waktu. Jadi jangan heran ketika Anda berjalan di trotoar, akan ada orang yang berjalan cepat dan menyusul langkah Anda.

6. On time

Sekali lagi, China adalah salah satu negara yang sangat menghargai waktu. Jika Anda janji atau memiliki jadwal untuk menghadiri acara di sana, sebaiknya datang lebih awal jika tidak ingin ketinggalan.

7. Toiletnya kotor

Sayang sekali, di balik semua ketertiban yang ada, Negeri Tirai Bambu ini memiliki toilet yang kotor. Rasanya hampir seluruh toilet di sana kotor, terutama di pasar.

Toilet di sana juga mengambil sistem toilet kering. Tak heran jika banyak turis yang membekali diri dengan air dalam botol sebelum masuk ke toilet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s