Kura-kura Langka yang Ditemukan di China Dianjurkan untuk Dimakan

thumbnail
Foto: Shangaiist
Jakarta – Seorang pria di Chinna menemukan kura-kura besar yang ternyata hampir punah, ia menghubungi sebuah organisasi perlindungan hewan liar untuk penanganan. Tapi, pimpinan organisasi itu justru menyarakan untuk memakan binatang tersebut!
Awal bulan September, seorang petani dari provinsi Henan, China menemui kura-kura ini saat sedang membajak ladangnya. Binatang tersebut mempunyai ukuran cukup besar dengan berat sekitar 5,8 kg dan diidentifikasi sebagai kura-kura aligator, spesies kura-kura air tawar terbesar di dunia.

Satu hal yang tidak wajar tentang penemuan ini adalah spesies kura-kura tersebut aslinya berasal dari Amerika Selatan bukan China. Biasanya hanya kura-kura betina yang ingin bersarang menjelajah ke lahan terbuka. Karena bingung penanganan hewan ini, sang petani langsung menghubungi organisasi perlindungan hewan lokal.

Alangkah terkejutnya sang petani saat menerima tanggapan dari pimpinan oragnisasi tersebut. Dong Zhaowei selaku direktur menyatakan daging spesies kura-kura aligator sangat enak dan petani tersebut harusnya langsung membunuh dan memakannya.

Jawaban tersebut tentunya mengundang protes dan kecaman masyarakat China, tapi Dong menjelaskan kura-kura tersebut bukanlah hewan asli China dan bisa saja membahayakan spesies lokal. Kura-kura aligator terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, menurut petugas setempat spesies yang ditemukan ini dikatakan berumur sekitar 500 tahun.

Tapi, hal ini disanggah oleh anggota Science Squirrels Club yang mengatakan kura-kura tersebut baru berumur lima tahun. Kura-kura aligator menginjak umur dewasa saat usia 12 tahun dan bisa tumbuh seberat 81,46 kg, karena kura-kura ini beratnya hanya 5,8 kg perkiraan umurnya baru mencapai lima tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s