Cokelat Rempah Bisa Jadi Ciri Khas Indonesia

detail berita

cokelat di Indonesia harus berbau rempah-rempah biar terdapat ciri khasnya (Foto:aicenters)

Source for the news comes from: http://www.okefood.com/read/2013/09/23/299/870694/cokelat-rempah-bisa-jadi-ciri-khas-indonesia

COKELAT Indonesia sedang bertumbuh, dengan banyak kelemahan masih dimiliki cokelat. Meski demikian, Indonesia tetap punya ciri khas pada cokelat yang dihasilkannya.

“Cokelat Indonesia itu enggak punya ciri khas, bagi saya yang cocok buat cokelat Indonesia adalah spicy,” kata Louis Tanuhadi, Chocolatier Indonesia, kepada Okezone pada acara Cocoa Day Expo 2013 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Pemilihan rasa berempah terhadap cokelat di Indonesia karena dirinya melihat bila Indonesia terkenal dengan bumbu rempah-rempah. Ini bisa dimanfaatkan menjadi ciri khas cokelat Indonesia.

Dengan memiliki ciri khas, cokelat yang dihasilkan diharapkan akan mampu membuat masyarakat Eropa akan terbius dengan kenikmatan cokelat dari Indonesia.

“Anda bayangkan saja, seluruh negara Eropa dan Asia memakai kakao dari Indonesia karena rasa dan aromanya pasuntuk diolah menjadi cokelat yang enak. Gimana bila ditambahkan dengan rempah-rempahnya, tentunya akan membuat cokelat Indonesia semakin dicari di seluruh dunia,” paparnya.

Untuk mendapatkan ciri khas cokelat Indonesia, Louis mengaku bila pelaku industri membutuhkan promosi serta konsistensi cokelat yang dihasilkan.

“Kalau ingin cokelat asli Indonesia adalah chocodot, semua orang boleh bilang rasanya enggak karuan karena di dalam cokelatnya pakai dodol tapi bila chocodot konsekuensi terus menerus maka dunia akan bilang inilah cokelat Indonesia,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s