Menara Air pun Jadi Tempat Wisata di Medan

Menara Air Tirtanadi, Medan (Foto: wikipedia)

Menara Air Tirtanadi, Medan (Foto: wikipedia)

Source for the news comes from: http://travel.okezone.com/stories/2013/09/06/544/862016/menara-air-pun-jadi-tempat-wisata-di-medan

KOTA Medan cukup unik, karena memiliki objek wisata yang tak biasa. Seperti Menara Air Tirtanadi yang klasik namun menarik hati.

Menara Air Tirtanadi merupakan salah satu ikon Kota Medan. Keberadaan menara ini dapat dikatakan sangat vital bagi masyarakat kota Medan. Bangunan ini didirikan pada 1908 oleh Pemerintah Belanda sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat Medan.

Selain sebagai pemasok air bagi warga sekitar, menara ini juga sebagai landmark Kota Medan di zamannya. Pembangunan menara ini juga tidak lepas dari pembangunan perusahaan air milik pemerintah kolonial Belanda.

Selain gaya arsitek bangunannya yang unik, menara ini juga menyimpan sejarah dari jaman kolonial Belanda hingga sekarang. Menara air ini telah mengalami beberapa renovasi, dan pergantian kepemilikan.

Beberapa bangunan yang sangat dekat dengan menara, menjadikan menara ini bukan lagi sebagai landmark Kota Medan sekarang ini karena terlalu padat rumah yang berada di sekitar area menara. Namun, objek wisata satu ini masih berdiri kokoh, dan dimanfaatkan oleh masyarakat Medan untuk memenuhi kebutuhan air mereka, juga sebagai ikon kota hingga sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s