Kawasan Kumuh Jadi Tempat Wisata? Contohlah Korea!

Cheonggyecheon, Korea Selatan (Foto: wikipedia)

Cheonggyecheon, Korea Selatan (Foto: wikipedia)

Source for the news comes from: http://travel.okezone.com/read/2013/09/25/407/871443/kawasan-kumuh-jadi-tempat-wisata-contohlah-korea

JAKARTA – Tempat kumuh bisa diubah jadi daya tarik wisata tanpa mengeksploitasi lingkungannya. Sudah banyak contoh tempat kumuh yang berubah menjadi cantik bahkan jadi destinasi wisata.

Saat ini, terjadi krisis air bersih di mana-mana, yang membuat manusia lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan. Akhirnya, teknologi ramah lingkungan kian murah dan terjangkau sehingga memudahkan perkembangan wisata sekaligus menjaga lingkungan.

“Bukan tidak mungkin mengembangkan pariwisata berbasis lingkungan, apalagi sekarang sulit mencari area terbuka hijau di perkotaan,” ujar Winarto, Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, saat Seminar Nasional Kepariwisataan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, baru-baru ini.

Ia mencontohkan, di luar negeri sudah ada pengembangan pariwisata yang juga memperbaiki lingkungan, yaitu di Cheonggyecheon, Korea Selatan. “Cheonggyecheon adalah lokasi rekreasi publik yang modern sepanjang 8,4 kilometer di pusat Kota Seoul, Korea Selatan. Dulunya tempat ini adalah wilayah kumuh,” cerita Winarno.

Area kumuh ini tadinya sempat dipertimbangkan untuk jadi area pengembangan properti. Namun, Pemerintah Seoul tetap mempertahankan sesuai fungsi ekologisnya sebagai sungai.

“Cheonggyecheon pun dirombak sejak 2005 dengan dana USD900 juta, dan kini menjadi area atraksi yang populer di kalangan wisatawan,” ujarnya. Ia menyimpulkan, seharusnya hal seperti ini bisa diaplikasikan di Indonesia untuk mengatasi kawasan-kawasan kumuh menjadi daya tarik wisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s