Tak Perlu Takut Kehilangan Dompet di Kota Terjujur Dunia

KOTA manakah yang paling jujur di dunia? Sebuah tes unik dilakukan untuk menemukan kota mana yang paling jujur di dunia, dengan cara “menjatuhkan” dompet berisi uang di jalanan untuk mengetahui siapakah yang akan mengembalikan dompet tersebut ke pihak berwajib.

Reader Digest mengetes kejujuran ratusan orang di 16 kota dengan cara menjatuhkan dompet dengan sengaja, kemudian melihat berapa banyak dompet yang dikembalikan ke pemiliknya atau pihak berwajib. Ternyata, dari tes ini ditemukan bahwa warga Kota Helsinki adalah yang paling banyak mengembalikannya.

Sekira 200 dompet berisi nomor ponsel, foto keluarga, kupon, kartu nama, dan mata uang lokal senilai Rp500 ribu dijatuhkan di taman, pusat perbelanjaan, dan trotoar 16 kota. Kota-kota tersebut, di antaranya New York, Amsterdam, Berlin, Bucharest, Budapest, Helsinki, Lisbon, Ljubljana, London, Madrid, Moskow, Mumbai, Prague, Rio De Janeiro, Warsawa, dan Zurich.

Di Helsinki, 11 dari 12 dompet dikembalikan kepada pemiliknya, menjadikannya kota terjujur di dunia. Sementara, Kota Mumbai, India, berada di peringkat kedua dengan mengembalikan sembilan dari 12 dompet yang jatuh tersebut.

“Orang-orang Helsinki memang sangat jujur, ini adalah ciri khas kami. Kami tinggal di komunitas yang kecil, bahkan nyaris tidak ada korupsi di Helsinki,” kata Lasse Luomakoski, warga Helsinki, seperti dikutip dari News. 

Berbeda dengan Lisbon, yang hanya mengembalikan satu dari 12 dompet yang jatuh tersebut. Begitu juga Bucharest, Rio De Janeiro, dan Zurich yang mengembalikan empat dompet, sedangkan Madrid, Spanyol, hanya mengembalikan dua dari 12 dompet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s