Cegah Diabetes dan Detoks Racun dengan Sayuran Hijau Ini

Jakarta – Ketimun cocok dijadikan sebagai lalapan dengan cocolan sambal yang nikmat. Sayuran ini juga nikmat diolah menjadi jus atau es serut. Tidak hanya rasanya yang segar, ketimun ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Rutinlah mengonsumsi ketimun –sebaiknya yang masih segar– dan rasakan tujuh manfaat dari ketimun, seperti yang dikutip dari Fitnea ini.

1. Rehidrasi Tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh tidak harus selalu dengan minum air putih. Cairan juga bisa Anda dapatkan dari makanan, misalnya buah atau sayuran. Dan ketimun merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya kandungan airnya, sekitar 90 persen. Oleh sebab itu ketimun baik dikonsumsi untuk rehidrasi tubuh.

2. Menyingkirkan Racun
Kandungan air dalam ketimun berfungsi sebagai ‘penyapu’ kotoran di tubuh. Ketimun bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tak tercerna oleh tubuh, juga toksin yang lama mengendap. Jika dimakan secara rutin, ketimun bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

3. Memenuhi Asupan Vitamin
Ketimun memiliki berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Sayuran hijau dengan aroma khas ini mengandung vitamin A, B dan C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda berenergi dan terlihat segar. Khasiatnya akan lebih maksimal jika dibuat jus bersama campuran bayam dan wortel. Sebaiknya konsumsi bersama kulitnya karena mengandung vitamin C yang bisa memenuhi 12 persen dari kebutuhan harian yang disarankan.

4. Menjaga Kesehatan Fungsi Cerna
Berkat kandungan air yang tinggi dan rendah kalori, ketimun adalah makanan yang ideal jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Anda bisa memasukkan irisan ketimun dalam sup, salad, atau dijadikan camilan. Potong ketimun secara memanjang hingga berbentuk seperti stick, lalu celupkan ke dalam yoghurt rendah lemak sebelum memakannya. Mengunyah ketimun juga bisa melatih kekuatan rahang dan kandungan seratnya baik untuk pencernaan. Makan ketimun setiap hari juga bantu mengatasi sembelit.

5. Mencegah Diabetes Sampai Kurangi Kolesterol
Jus ketimun mengandung hormon yang diperlukan sel-sel dalam pankreas untuk memproduksi insulin. Itulah sebabnya ketimun baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu ketimun juga bisa menurunkan kolesterol. Para peneliti menemukan senyawa bernama sterols di dalam ketimun lah yang membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

6. Menstabilkan Tekanan Darah
Ketimun memiliki banyak serat, serta mineral potassium dan magnesium. Ketiganya bekerja efektif mengatur tekanan darah. Itulah sebabnya mengapa ketimun sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

7. Menyegarkan Mulut
Sari ketimun bisa menyembuhkan radang gusi sekaligus menyegarkan mulut. Iris tipis ketimun dan tekan-tekan pada langit-langit mulut menggunakan lidah selama 30 detik. Kandungan phytochemcials-nya akan membunuh bakteri penyebab bau napas tak segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s