Yang Paling Cantik dari Belitung Timur

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung Timur (Foto: Winda/Okezone)

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung Timur (Foto: Winda/Okezone)

Source for the news comes from: http://travel.okezone.com/read/2013/09/30/408/874317/yang-paling-cantik-dari-belitung-timur

HAL pertama ketika baru saja tiba di Belitung Timur, pastilah wisatawan akan sesegera mungkin mencari pantai terdekat untuk melepas penat dan memanjakan mata dengan keindahan yang Tuhan ciptakan. Jangan khawatir, pulau dengan julukan Negeri Seribu Pelangi ini memang menjanjikan pemandangan serta keindahan pantainya.

Tak jauh dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan, sekitar satu jam perjalanan dengan mobil, wisatawan dapat dengan segera melihat pantai yang terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar. Berjarak sekira 90 kilometer dari bandara, membuat Pantai Nyiur Melambai ini menjadi pantai pertama yang biasa dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai dengan garis pantai yang panjang ini mampu membuat wisatawan melihat ke segala penjuru serta bermain-main air di bibir pantai. Beberapa pohon pinus juga nampak menghiasi pantai yang selalu dijadikan rekreasi keluarga jika musim liburan tiba. Di hari-hari biasa, pantai ini memang kerapkali sepi dari wisatawan.

Pantai yang juga harus dikunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi, salah satu dari banyak pantai cantik di Belitung Timur. Menghabiskan waktu selama satu jam dengan mengendarai mobil, pantai yang masih sepi dari tangan developer ini memang sangat menjanjikan pemandangan yang sangat menawan. Mendekati pintu masuk, mata akan dimanjakan oleh hamparan laut biru yang luas serta hamparan pasir putih halus sepanjang 100 meter di bibir pantai.

Jika ingin merasakan dinginnya air berwarna biru kehijauan tersebut tetapi Anda tidak bisa berenang, jangan khawatir. Pantai dengan kadar garam cukup tinggi ini mampu membuat tubuh Anda mengapung. Juga tentunya didukung oleh ombak yang sangat kecil, menjadikan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berenang.

Di sini juga menyediakan ban berukuran dewasa untuk para wisatawan yang tidak bisa berenang dengan harga sewa relatif murah, Rp10 ribu per hari. Masuk ke pantai ini memang tidak dipungut biaya, namun untuk menyewa ban dan ke kamar kecil, barulah dipungut biaya.

Banyak dari wisatawan yang datang memang untuk berenang, namun ada pula yang hanya melihat karya artistik alami yang menjadi ciri khas pantai ini. Berjalanlah ke arah timur, jelajahi setiap batu granit raksasa yang terletak di pinggir pantai. Sebuah kumpulan batu yang menjadi lokasi syuting dari film Laskar Pelangi karya Riri Riza nampak megah di sana.

Hanya saja, tak nampak pemandangan berarti selain bebatuan besar berkarang yang sebagian besar bagian bawah terrendam pasir putih. Karena semakin jauh menelusuri, Anda akan terbawa hampir ke tengah lautan. Meski ombak tidak besar dan tidak menghanyutkan, karang yang ada di pantai ini cukup berbahaya dan dapat melukai kaki jika Anda tidak berhati-hati.

Pantai ini merupakan objek wisata terpopuler di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belutung. Bukan hanya menjadi lokasi syuting sebuah film, memang pemandangan di pantai ini sangat indah. Pantai yang berjarak sekira 30 kilometer dari Tanjung Pandan ini juga menjanjikansunset yang luar biasa.

Duduklah di atas bebatuan granit besar itu, jangan lupa membawa es kelapa muda hijau nan segar. Tunggulah hingga sinar mentari senja menyapa Anda bersama orang terkasih. Dan, lihat betapa indahnya panorama alam ciptaan Tuhan berupa senja yang akan membuat Anda menjatuhkan hati di pantai ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s