Kurangi Obesitas, McDonald’s Tawarkan Buah sebagai Pengganti Kentang Goreng

thumbnailFoto: Fox News

Jakarta – Lebih dari sepertiga masyarakat Amerika Serikat kini mengalami obesitas. Untuk mengurangi angka tersebut, McDonald’s mulai tawarkan salad, buah atau sayur sebagai pengganti kentang goreng dalam paket value meals berisi burger.
Seperti dilansir dari Fox News (01/10/2013), hal ini dilakukan pihakMcDonald’s sebagai salah satu upaya untuk menekan tingginya angka obesitas di Amerika Serikat. Menu sehat ini rencananya akan ditawarkan di 20 pasar utama global McDonald’s pada tahun 2020.

Pihak McDonald’s juga mengatakan, langkah penawaran menu sehat ini merupakan bagian dari rencana Aliansi untuk Gerakan Sehat yang didirikan Clinton Foundation dan American Heart Association.

Tak hanya itu, McDonald’s berencana mempromosikan dan memasarkan air mineral, susu, dan jus dalam paket happy meals untuk anak-anak. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil pertemuan tahunan Clinton Global Initiative di New York.

The Center for Science in the Public Interest (CSPI) selaku organisasi nirlaba yang mengawasi McDonald’s menyetujui langkah perusahaan untuk menambahkan lebih banyak buah dan sayur dalam menu. Namun pihaknya juga mengingatkan, perjalanan panjang menanti McDonald’s dan kompetitornya untuk konsisten menawarkan pilihan sehat ini.

Selama ini McDonald’s dipandang sebagai pelopor di kalangan perusahaan makanan cepat saji. Sayangnya, perusahaan asal Amerika Serikat ini cenderung lambat melakukan upaya eksternal untuk perubahan ke arah lebih sehat.

Contohnya, Juli tahun 2011 lalu, porsi kentang goreng dalam paket Happy Meals akhirnya dikurangi hingga setengah. Buah apel pun ditambahkan ke dalam paket agar anak-anak mulai menyukai buah. Langkah ini rupanya baru dilakukan setelah ada tekanan dari CSPI, kelompok orang tua, dan kelompok lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s