Pria Ini Berhasil Tanam 250 Jenis Apel dalam Satu Pohon

thumbnail
Jakarta – Beberapa waktu lalu, Gene Yale (83), seorang kakek asal Illinois terkenal karena kebun apel mini miliknya yang terdiri dari 178 jenis apel. Kini pria asal Inggris, Paul Barnett juga punya pohon apel berisi 250 jenis apel sekaligus!
Seperti dilansir dari Daily MailPaul Barnett yang berprofesi sebagai seorang ahli hortikultura telah menghabiskan 24 tahun untuk menciptakan pohon apel berisi 250 jenis apel di kebun belakang miliknya di West Sussex, Inggris. Tiap musim dingin, Barnett menambahkan jenis apel baru di pohon tersebut.

Pohon milik Barnett ini digelayuti beragam jenis apel di cabang-cabangnya, seperti Granny Smiths, Golden Delicious, Wadhrust Pippin, Brownless Russet, dan jenis lainnya yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Kisah ini bermula saat Barnett menanam 90 bibit pohon apel di satu lajur tanah. Ia pun terinspirasi mencoba sesuatu yang mirip, tetapi dalam ruang yang lebih kecil. “Saya ingin menanam pohon sendiri tetapi tidak memiliki cukup ruang, jadi saya mulai menanam ‘pohon keluarga’ ini. Di pohon ini terdapat berbagai jenis apel berbeda berada dalam satu ruang,” ujar pria berusia 40 tahun ini.

Menurut Barnett, pohon ini mulai ditanam tahun 1989 dan sekarang tingginya lebih dari 6 meter. Cabang-cabangnya berisi beragam jenis apel yang menyebar dari batang tunggal. Agar kokoh, beberapa potongan kayu digunakan untuk menyanggah cabang-cabang tersebut. Sebuah kertas kecil berwarna putih juga digantung untuk menandakan jenis apel yang ditanam.

Jadi bagaimana Barnett bisa menanam 250 jenis apel berbeda dalam satu pohon? Menurut Barnett, ia rutin menambahkan jenis apel baru tiap tahunnya dengan cara tunas atau okulasi. Proses tunas melibatkan pemotongan tunas pohon apel lain, kemudian menanamkannya ke pohon milik Barnett.

Tak hanya itu, ia juga mencangkok cabang baru ke pohonnya dengan memasukkan bagian dari pohon apel lainnya yang sudah ada. “Untuk mendapat jenis apel baru, saya membeli dari National Fruit Collection atau saling bertukar dengan petani apel lainnya,” ujar Barnett.

Menurut University of Illinois, saat ini terdapat 7.500 jenis apel yang tumbuh di seluruh dunia. Buah apel berasal dari wilayah antara Laut Kaspia dan Laut Hitam. Sejak dulu apel juga digemari orang Yunani dan Romawi Kuno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s