Telah Ditemukan Jejak Wine Berumur 6.000 Tahun di Yunani

thumbnail
Jakarta – Tim peneliti yang melakukan penggalian di situs arkeologi di utara Yunani baru-baru ini mengumumkan temuan terbaru. Analisis residu dari wadah keramik dari 4.200 SM menunjukkan pembuatan wine di Yunani ribuan tahun lalu.
Penggalian dilakukan di situs arkeologi bernama Dikili Tash yang berlokasi 1,2 mil dari kota kuno Philipi dan telah dihuni sejak 6.500 SM. Mereka menemukan wadah keramik yang diduga sebagai tempat penyimpanan sari anggur. Tapi, karena proses ribuan tahun tidak lagi ditemukan wine dalam bentuk cairan.

“Yang tersisa dari bagian carian itu adalah residu di permukaan wadah keramik. Analisis residu terbaru menunjukkan adanya kandungan asam sitrat yang mengindikasi telah terjadi fermentasi,” tutur Dimitra Malamidou, selaku co-director penggalian kepada Huffington Post.

Wadah ini ditemukan saat melakukan penggalian di perumahan neolitik yang dibangun 4.500 tahun SM. Mereka menemukan jejak wine dalam bentuk karbonisasi ekstrat biji anggur bersama kulit anggur yang menandakan adanya pemerasan anggur. Penanggalan radiocarbon digunakan untuk menentukan umur penemuan ini.

Tim peneliti percaya telah menemukan bukti tertua jejak wine di Eropa. “Sejauh ini kita tahu orang sudah mengonsumsi wine sejak zaman perunggu (abad ke 12 sebelum masehi), tapi saat ini kami mempelajari bahwa proses pembuatan wine telah dilakukan jauh sebelum itu, tepatnya 4.200 tahun SM,” tambah Dimitria.

Penemuan ini menjadi bukti penting dalam pra sejarah Eropa dan Yunani dalam hal waktu pembuatan anggur di benua tersebut. Selain itu, penemuan ini menjadi bukti awal pertanian dan diet masyarakat yang mempengaruhi kehidupan sosial mereka.

Sebelumnya, telah ditemukan pembuatan anggur masyarakat Armenia berumur 6.000 tahun dan minuman alkohol China yang terbuat dari beras, madu, dan buah berumur 9.000 tahun. Penemuan terbaru ini bahkan mengalahkan bukti pemrosesan anggur di Perancis yang dikatakan sudah dilakukan sejak 2.400 tahun lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s