Kelinci Laut Raksasa Bersembunyi di Bawah Laut Flores

17 Pulau Riung Flores (Foto: rajakamar)

17 Pulau Riung Flores (Foto: rajakamar)

Source for the news comes from: http://travel.okezone.com/read/2013/10/05/408/876999/kelinci-laut-raksasa-bersembunyi-di-bawah-laut-flores

Kawasan timur Indonesia memang menyajikan panorama pantai yang begitu indah dengan keragaman hayati yang unik. Salah satunya bisa Anda temukan di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di pantai utara Pulau Flores Kabupaten Ngada, terdapat sebuah kepulauan yang sangat unik. Namanya Pulau 17 Riung, yang menyajikan keeksotisan sebuah pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati serta pasirnya yang putih. Pulau ini cocok sekali bagi Anda yang mempunyai hobi menyelam karena di bawah sana terdapat karang indah berwarna-warni. Dan dari permukaan laut, terdapat terumbu karang kelinci laut yang membentuk kelopak-kelopak seperti mawar merah raksasa yang akan membuat anda takjub melihatnya.

Seperti terlansir dalam situs Indonesia Travel, Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan gugusan pulau-pulau yang besar dan kecil terhampar memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sebelah Timur. Keseluruhan dari pulau-pulau tersebut hampir tidak dihuni oleh manusia. Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung berada di Kecamatan Riung yang meliputi lima desa, yaitu: Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tadho dan Lengkosambi.

Sekilas, Riung seperti kota kecamatan yang tak mau disentuh keramaian. Nyatanya, memang demikian karena akses yang begitu jauh dan menantang, melewati bukit berlipat-lipat. Di salah satu bagian perjalanan menuju Riung dari Bajawa di tepi selatan, kerumunan bukit tundra hijau yang ditumbuhi beberapa pohon lontar seolah kue ulang tahun menyambut wisatawan yang datang berkunjung.

Pesisir pantai Riung dihuni masyarakat Oting Bajo yang terkenal sebagai penghuni lautan di Nusantara. Mereka tak banyak memperlihatkan diri selain di lingkungan perumahan di tepi pantai dan area dermaga Riung yang sunyi. Sebagian masyarakat lainnya bercocok tanam lahan kering dan juga membuka usaha homestay bagi pengunjung.

Di balik kesunyian dermaganya yang menjadi tempat berlabuhnya belasan perahu nelayan Bajo, terdapatlah kawasan wisata laut yang dikenal sebagai Tujuh Belas Pulau. Kawasan ini merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang terdiri dari 20 lebih pulau yang indah. Nama “tujuh belas” diambil dari tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

Ada beragam hewan khas yaitu: komodo, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, landak, rusa timor, kuskus, buaya, elang, bluwok, bangau putih, burung nuri, tekukur, burung wontong atau burung gosong, dan kelelawar bangau hitam, dan burung perkici dada kuning.

Di bawah lautnya Anda akan menemukan mawar laut melambai-lambai memesona. Apa yang Anda nanti lihat itu sebenarnya merupakan kumpulan telur kelinci laut raksasa yang terikat oleh lendir dan membentuk rumbaian berwarna merah menyala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s