Produk Cokelat Terbaru Ini Mengandung Zat yang Bisa Menyehatkan Jantung


Jakarta – Cokelat kini bukan hanya menjadi penganan yang memanjakan lidah, terutama bagi pencinta rasa manis. Sebuah perusahaan cokelat asal Swiss telah mengembangkan produk terbaru yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan jantung.

Perusahaan Barry Callebaut berhasil menciptakan produk cokelat yang mengandung senyawa kimia berasal dari tanaman, yaitu flavanols. Beberapa tes menunjukkan kalau zat tersebut bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah hingga 2 persen, sehingga membuat aliran darah lebih lancar. Hal tersebut dapat mengurangi risiko gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung dan serangan jantung hingga 8 persen.

Biji cokelat alami sebenarnya sudah kaya akan flavanols, tapi sebagian besar kandungannya hilang saat proses pembuatan penganan cokelat sehingga khasiatnya tidak lagi didapatkan saat dikonsumsi. Tapi manufaktur cokelat ini telah menemukan teknik untuk memproses cokelat agar kandungan flavanolsnya tetap terjaga.

Juru bicara Barry Callebaut, Marijke De Brouwer mengatakan seperti dilansir Daily Mail, “Bukan menambahkan nutrisi buatan atau zat sintetis, tapi mempertahankan zat alami yang sudah ada di dalam cokelat.”

Kehadiran Acticoa rupanya sudah dinanti-nanti. Konferensi Chocolate Industry Network telah mendengar kabar bahwa permintaan akan produk cokelat terbaru ini cukup tinggi. European Comission pun telah memberikan izin bagi Barry Callebaut untuk mendapatkan klaim kesehatan untuk Acticoa.

Namun efektivitas Acticoa untuk mencegah penyakit jantung masih diragukan oleh Angus Kennedy dari Kennedy’s Confection, majalah yang khusus mengulas tentang perusahaan produsen cokelat dan permen. Menurutnya, belum tentu masyarakat akan langsung menerima sesuatu yang seharusnya jadi camilan enak menjadi makanan kesehatan.

“Kita harus selalu ingat bahwa penganan cokelat 50 persennya adalah gula dan 50 persennya lagi lemak. Jika Anda ingin meningkatkan peredaran darah, mungkin seharusnya Anda jogging atau jalan-jalan di taman,” ujar Angus.

Terlepas dari itu, mengonsumsi cokelat sebagai camilan bukanlah sesuatu yang buruk. Asalkan tidak berlebihan dan produk cokelat yang dimakan masih mengandung 50-70 persen bubuk atau biji kakao. Selain baik untuk jantung, sejumlah studi menunjukkan kalau Acticoa juga membantu mencegah munculnya kerutan pada wajah dan menajamkan otak.

Barry Callebaut sendiri merupakan perusahaan penghasil cokelat terbesar di dunia. Sebanyak 1,4 juta ton cokelat diproduksi Barry Callebaut setiap tahunnya. Perusahaan yang berdiri pada 1996 ini menyuplai cokelat untuk beberapa produsen confectionary ternama seperti Cadbury dan Thorntons, juga sejumlah cafe dan restoran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s