Starbucks Amerika Kini Tawarkan Gift Card dengan Huruf Braille

thumbnail
Jakarta – Sebagai perusahaan kopi global, Starbucks memiliki banyak pelanggan juga para penyandang tunanetra. Untuk memfasilitasi kebutuhan mereka, Starbucks menjual gift card dengan huruf braille tiap Oktober sejak tahun 2011 lalu.
Awalnya, gift card braille dibuat untuk memperingati bulan kesadaran pekerja disabilitas yang diperingati tiap Oktober. Setelah dua tahun berlalu, akhirnya Starbucks memutuskan untuk menjual gift card braille sepanjang tahun.

Kartu ini hadir dalam desain minimalis berwarna cokelat dengan tulisan ‘Starbucks’ dalam huruf braille. Dengan cara ini, pelanggan tunanetra diharapkan mampu membedakan kartu yang ada dalam dompet mereka secara mudah.

Dalam blog resminya, pihak Starbucks mengatakan, “Semangat inovasi mendorong kami untuk terus memberi inspirasi bersama solusi, seperti meningkatkan pengalaman bagi sebuah komunitas besar. Agar mudah dilihat, kami telah memperbesar ukuran huruf pada tulisan menu. Tak hanya itu, kami juga membuat menu dalam huruf Braille berukuran besar.”

Sebelumnya, pada Oktober 2011 seorang pelanggan Starbucks menceritakan bahwa anaknya yang tunanetra bisa membeli hot chocolate sendiri. Sang anak kemudian meminta agar gift card yang ia miliki bisa digunakan sepanjang tahun. Walau membutuhkan waktu hingga dua tahun, hal ini membuktikan bahwa pelanggan memiliki ‘suara’ berpengaruh yang didengar pihak Starbucks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s